ENGARUH ALAT PERAGA CONGKLAK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI DESA KEMBANG AYUN KABUPATEN LAHAT

SUNDARI, YUSI (2018) ENGARUH ALAT PERAGA CONGKLAK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI DESA KEMBANG AYUN KABUPATEN LAHAT. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
YUSI SUNDARI D.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dalam proses pembelajaran sering kali dijumpai adanya kecenderungan siswa yang tidak mau bertanya kepada guru meskipun mereka sebenarnya belum mengerti tentang materi yang disampaikan oleh guru. Setelah guru menyampaikan materi, kemudian guru menanyakan kepada siswa bagian mana yang mereka belum mengerti, sering kali siswa hanya diam dan setelah guru memberikan soal latihan barulah guru mengerti bahwa sebenarnya ada bagian dari materi yang telah disampaikan belum dimengerti oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas peningkatan hasil belajar Matematika anak SD kelas IV dan V yang diajarkan menggunakan alat peraga congklak dan anak SD kelas IV dan V yang diajar tanpa menggunakan alat peraga congklak. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian korelasi product moment. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu soal tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah hasil penelitian, penulis melakukan pengolahan data dengan menggunakan korelasi product moment, maka didapatlah hasil penelitian, yaitu rhitung > rtabel (0,82 > 0,423) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh alat peraga congklak pada mata pelajaran Matematika terhadap hasil belajar anak SD di desa Kembang Ayun. Sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hasil belajar pre test siswa dengan nilai rata-rata kelas ialah 55,83 meningkat menjadi 70,21 pada saat post test.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga Congklak, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:42
Last Modified: 04 Nov 2022 02:42
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10820

Actions (login required)

View Item View Item