IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK SISWA PADA MATAPELAJARAN PAI DI KELAS III SDNEGERI 77 KAUR KEC. MUARA SAHUNG KAB. KAUR

PRANATA, PERI (2018) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK SISWA PADA MATAPELAJARAN PAI DI KELAS III SDNEGERI 77 KAUR KEC. MUARA SAHUNG KAB. KAUR. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
Peri Pranata PDF Skripsi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam semestinya menjadi pembelajaran yang menyenangkan.Karena pembelajaran Pendidikan Agama Islam ini merupakan pendidikan yang harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.Namun dalam kenyataanya Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ini masih kurang variasi sehingga dalam pembelajaran siswa sering merasa bosan.Oleh karena itu, dapat ditarik rumusan masalah yaitu: Apakah penerapan metode pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan motorik siswa, pada mata pelajaran PAI siswa kelas III di SD Negeri 77 Kaur. Kec. Muara Sahung, Kab. Kaur.dan adapun tujuan penelitian ini adalah melalui metode pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan motorik siswa pada mata pelajaran PAI Siswa kelas III di SD Negeri 77 Kaur. Kec. Muara Sahung, Kab. Kaur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research), penelitian yang bertujuan mengembangkan keterampilan baru untuk mengatasi kebutuhan dalam dunia kerja atau kebutuhan praktis manusia lainnya. Adapun hasil dari penelitian ini adalah, Sebelum dilakukan tindakan, karakter motorik anak adalah sebanyak 15 siswa memiliki persentase 25% dengan kreteria kurang, 8 siswa memiliki persentase 40% dengan kreteria kurang, 2 siswa dengan persentase 50% dengan kreteria kurang dan 4 siswa memiliki persentase 65% dengan kreteria cukup. Setelah dilakukan tindakan meningkat menjadi siklus I. 8 siswa memiliki persentase 25% dengan kreteria kurang, 10 siswa dengan persentase 50% dengan kreteria kurang, 6 siswa memiliki persentase 65% dengan kreteria cukup dan 5 siswa memiliki persentase 75% dengan kreteria baik. Di siklus ke II meningkat menjadi, 15 siswa memiliki persentase 75% dengan kreteria baik, 10 siswa memiliki persentase 80% dengan kreteria baik dan 4 siswa memiliki persentase 90% dengan kreteria amat baik.Kreteria yang dicapai siswa suda dikatakan baik yang artinya bahwa pada siklus kedua ini dapat dikatakan berhasil. Dengan demikian, peneliti sarankan kepada guru mata pelajaran bertindaklah untuk menerapkan pembelajaran menggunakan metode pembelajaranPicture and Picture agar motorik siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Picture and Picture dan Motorik Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arlan Arlan fairuz
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:43
Last Modified: 04 Nov 2022 02:43
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10832

Actions (login required)

View Item View Item