IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 8 TAHUN 2013 TENTANG RETRIBUSI MENDIRIKAN BANGUNAN DI KABUPATEN KAUR DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi di Kota Bintuhan)

Puspita, Yesi (2018) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 8 TAHUN 2013 TENTANG RETRIBUSI MENDIRIKAN BANGUNAN DI KABUPATEN KAUR DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi di Kota Bintuhan). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI YESI PUSPITA HTN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ada dua persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu: Bagaimana impelementasi dan tinjauan Hukum Islam tetnang peraturan Daerah Nomor 8 tahun 2013 Tentang Retribusi Mendirikan Bangunan di Kabupaten Kaur. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui impelementasi dan tinjauan Hukum Islam tetnang peraturan Daerah Nomor 8 tahun 2013 Tentang Retribusi Mendirikan Bangunan di Kabupaten Kaur. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan metode penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan penulis di lapangan atau lokasi yang akan menjadi objek penelitian. Dalam penelitian ini juga penelitian menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, kemudian analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yaitu menganalisis data yang terkumpul data yang terkumpul lalu diuraikan kemudian disimpulkan dengan metode atau cara berpikir induktif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Dalam pelaksanaan izin mendirikan bangunan yang dilakukan oleh masyarakat khususnya di kota Bintuhan belum sepenuhnya menurut prosedur yang sudah ditetapkan masih banyak yang belum mematuhi aturan meskipun pemerintah sudah mengeluarkan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2013. Oleh sebab itu harus ada ketegasan dari pemerintah dalam menegakan Perda tersebut. Sedangkan ditinjau dari hukum Islam haruslah sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Jangan sampai melanggar aturan tersebut, karena dalam Islam setiap manusia wajib untuk mentaati aturan-aturan yang diputuskan pemerintah selama tidak bertentangan dengan al-Quran Qs. Al-At-Taubah ayat 41.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syari'ah > Hukum Tata Negara
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:45
Last Modified: 04 Nov 2022 02:45
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10836

Actions (login required)

View Item View Item