OKTAVIA, SUSANTI (2018) STUDI DRAMATURGI USTADZ H.M SYAMLAN, Lc DALAM AKTIVITAS DAKWAH DI KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text
SKRIPSI SUSANTI OKTAVIA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji bagaimana dramaturgi Ustadz H.M. Syamlan, Lc dalam aktivitas dakwah di kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkap front stage (panggung depan) dan back stage (panggung belakang) Ustadz H.M.Syamlan, Lc dalam aktivitas dakwahnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan studi dramaturgi. Pemilihan informan menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria yang sudah ditetapkan, informan penelitian berjumlah delapan orang. Pengumpulan data penelitian diperoleh dari wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan studi pustaka penelitian sebelumnya. Teknik analisis data dengan mereduksi data, mengumpulkan data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan evaluasi. Serta uji keabsahan data dengan teknik triangulasi, diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa front stage (panggung depan) H.M. Syamlan, Lc sebagai seorang ustadz dengan mengelola kesan yang ditampilkan dihadapan jamaah. Perilakunya sebagai sebuah pementasan drama di atas panggung dengan kesan yang Syamlan bangun. Sedangkan pada back stage (panggung belakang) yang dilakoni Syamlan menunjukkan karakter asli Syamlan tanpa ada batasan dan rahasia yang dimanipulasi. Panggung belakang menampilkan jati diri Syamlan yang sesungguhnya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | dramaturgi, front stage (panggung depan), back stage (panggung belakang. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam |
Depositing User: | Arlan Arlan fairuz |
Date Deposited: | 04 Nov 2022 02:45 |
Last Modified: | 04 Nov 2022 02:45 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10839 |
Actions (login required)
View Item |