PENDEKATAN PAKEM DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS VII DI SMP PANCASILA BENGKULU

IRAWAN, CANDRA (2018) PENDEKATAN PAKEM DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS VII DI SMP PANCASILA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI CANDRA IRAWAN TAHUN 2018.pdf

Download (908kB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh nilai hasil belajar siswa kelas VII di SMP Pancasila bisa di katakan rendah yaitu rata-rata nilai hasil belajarnya adalah 6,2, ini disebabkan karena siswa belum terbiasa dengan model pembelajaran PAKEM yang dilaksanakan oleh guru-guru di SMP Pancasila, mereka masih terbiasa dengan model pembelajaran konvensional yaitu metode ceramah. Faktor yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah pendekatan dalam pembelajaran masih terlalu didominasi oleh guru (teacher centerend), guru lebih banyak menempatkan siswa sebagai objek didik, kurang perhatian siswa ketika guru sedang menulis di papan tulis, ketika guru memberi tugas kepada siswa, siswa kurang memahami soal yang diberikan guru. Tujuan penelitian ini adalah: a.Untuk mengetahui pelaksanaan Pendekatan PAKEM Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Pancasila Bengkulu. b. Untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung melalui Pendekatan PAKEM dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Pancasila Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriftif kualitatif. Sesuai dengan jenis penelitian yang jadi informan dalam penelitian ini adalah murid, kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam di SMP Pancasila Bengkulu telah menggunakan pendekatan PAKEM Pembelajaran Agama Islam untuk meningkatkan hasil siswa. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data dianalisiskan dengan cara: 1) reduksi data, 2) display data, 3) kesimpulan dan pengabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru agama Islam di SMP Panacasila Bengkulu dalam pendekatan PAKEM pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan tujuan pendidikan. Dengan menerapkan pendekatan PAKEM guru dapat merencanakan suatupola yang akan digunakan dengan proses pembelajaran di kelas,merencanakan pembelajaran untuk membantu pesertadidik sedemikian rupa sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Sehingga dapat meningkatkan hasil belajar di Sekolah Menengah Pertama Pancasila Bengkulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan PAKEM, Pendidikan Agama Islam, hasil belajar.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arlan Arlan fairuz
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:45
Last Modified: 04 Nov 2022 02:45
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10845

Actions (login required)

View Item View Item