PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI SD NEGERI 01 MALIN DEMAN KABUPATEN MUKOMUKO

Perdianti, Melia (2018) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI SD NEGERI 01 MALIN DEMAN KABUPATEN MUKOMUKO. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI MELIA PERDIANTI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Adapun masalah yang diangkat dalam penelitian ini apakah terdapat perbedaan pengaruh penggunaan Metode Demonstrasi dan konvensional terhadap hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) di SD Negeri 01 Malin Deman Kabupaten Mukomuko. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pengaruh penggunaan metode demontrasi dan konvensional terhadap hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SD Negeri 01 Malin Deman Kabupaten Mukomuko. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, sampel penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IVA dan 4B SD Negeri 01 Malin Deman Kabupaten Mukomuko yang berjumlah 78 orang. teknik pengumpulan data dengan observasi, instrumen soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisa dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil dari analisa dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) di SD negeri 01 Malin Deman Kabupaten Mukomuko dengan nilai rata-rata 90 kelas IVA dan nilai rata-rata 70 kelas IVB yang menerapkan konvensional tipe ceramah. Berdasarkan hasil perhitungan uji “t” yaitu 15,906, yang apabila dibandingkan dengan t tabel dengan df 76 (menjadi 60) pada taraf singnifikan 5% yaitu 2,000 dan maka diperoleh thitung > ttabel (15,906 > 2,000) signifikan, yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima yaitu hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) di SD Negeri 01 Malin Deman Kabupaten Mukomuko dengan mengunakan metode demonstrasi lebih baik dari pada yang menggunakan model pembelajaran konvensional tipe ceramah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:45
Last Modified: 04 Nov 2022 02:45
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10846

Actions (login required)

View Item View Item