PERSEPSI GURU KELAS TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 53 KOTA BENGKULU

Basril, Annisa (2018) PERSEPSI GURU KELAS TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 53 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ANNISA BASRIL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu masalah yang dapat diidentifikasi yaitu: (1) Sosialisasi mengenai penerapan Kurikulum 2013 di sekolah masih kurang (2) Kurangnya sarana dan prasana untuk menunjang pelaksanaan Kurikulum 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru kelas terhadap penerapan kurikulum 2013, mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam penerapan kurikulum 2013, dan mengetahui solusi yang diberikan guru terhadap penerapan kurikulum 2013 di SD Negeri 53 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang memanfaatkan wawancara yang terbuka untuk menelaah dan memahami sikap, pandangan, perasaan, dan perilaku individu atau sekelompok orang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi guru kelas terhadap penerapan kurikulum 2013 yaitu guru memiliki pandangan bahwa kurikulum 2013 adalah kurikulum yang sangat bagus untuk diterapkan. Guru-guru sudah melakukan penilaian berdasarkan kurikulum 2013 dan para guru juga sudah menerapkan berbagai metode dalam kegiatan pembelajaran untuk membuat suasana belajar yang aktif, kreatif, dan menyenangkan. Kendala guru kelas dalam penerapan kurikulum 2013 masalah fasilitas yaitu tentang teknologi dimana para guru harus mengerti teknologi untuk mendukung pembelajaran dan buku-buku pendukung yang kurang, dan solusi yang diberikan guru kelas terhadap kurikulum 2013 adalah memperbanyak pelatihan agar semua guru memahami kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:46
Last Modified: 04 Nov 2022 02:46
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10850

Actions (login required)

View Item View Item