MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERKALIAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BATANG NAPIER PADA KELAS III SDN 70 KABUPATEN KAUR

SARI, WILDA YUNISTI (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERKALIAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BATANG NAPIER PADA KELAS III SDN 70 KABUPATEN KAUR. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Wilda Bab 1 smp V.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi di kelas III SD Negeri 70 Kaur pada pembelajaran Matematika yaitu guru masih kurang dalam menggunakan alat peraga atau media pada proses belajar mengajar dan hanya menggunakan buku cetak dalam menjelaskan materi, siswa hanya tahu menghafal perkalian dan pembagian tanpa tahu cara pemecahannya, sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah belum maksimal dan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan alat peraga batang napier dalam meningkatkan kemampuan perkalian Matematika dan mengetahui seberapa besar peningkatan perkalian siswa dengan menggunakan alat peraga batang napier di kelas III SDN 70 Kaur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak tiga siklus, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, instrumen dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus persentasi dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah alat peraga batang napier dapat meningkatkan kemampuan perkalian siswa pada pembelajaran Matematika di kelas III SD Negeri 70 Kaur. Besar peningkatan kemampuan perkalian siswa terbukti pada saat pre test, nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 61,73 dengan ketuntasan belajar 34,62%. Pada Siklus I didapatkan nilai rata-rata siswa 69,42 dengan ketuntasan belajar 50%. Pada Siklus II didapatkan nilai rata-rata siswa 75 dengan ketuntasan belajar 73,08%. Terakhir, pada Siklus III, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 79,62 dengan ketuntasan belajar mencapai 92,31%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Perkalian, Alat Peraga Batang Napier
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arlan Arlan fairuz
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:47
Last Modified: 04 Nov 2022 02:47
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10852

Actions (login required)

View Item View Item