PERANAN MAJELIS TAKLIM NURUL IKHSAN DALAM PEMBENTUKAN SIKAP KEAGAMAAN REMAJA DI DESA BATURAJA KECAMATAN PONDOK KUBANG KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Sari, Lili Nur Indah (2018) PERANAN MAJELIS TAKLIM NURUL IKHSAN DALAM PEMBENTUKAN SIKAP KEAGAMAAN REMAJA DI DESA BATURAJA KECAMATAN PONDOK KUBANG KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI LILI NUR INDAH SARI pdf.pdf

Download (866kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peranan Majelis Taklim Nurul Ikhsan dalam pembentukan sikap keagamaan remaja di Desa Baturaja Kecamatan Pondok Kubang Kabupaten Bengkulu Tengah dan untuk mendeksripsikan kendala yang dihadapi Majelis Taklim Nurul Ikhsan dalam pembentukan sikap keagamaan remaja di Desa Baturaja Kecamatan Pondok Kubang Kabupaten Bengkulu tengah. Jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif, yaitu suatu proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif baik berupa tulisan atau ungkapan yang diperoleh langsung dari lapangan atau wilayah penelitian. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pertama, peran Majelis Taklim Nurul Ikhsan dalam pembentukan sikap keagamaan remaja di Desa Baturaja Kecamatan Pondok Kubang Kabupaten Bengkulu Tengah yaitu sebagai wadah pembinaan umat yang diberikan melalui pendidikan. Adapun pendidikan akidah yang dilakukan yaitu melalui kegiatan pengajian, Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), seperti Maulid Nabi Muhammad SAW setiap tanggal 10 Rajab dan Isra’ Mi’raj. bulan ramadhan yaitu kegiatan pengajian, buka bersama, shalat tarawih, dan tadarus dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Kedua, kendala yang dihadapi Majelis Taklim Nurul Ikhsan dalam pembentukan sikap keagamaan remaja di Desa Baturaja Kecamatan Pondok Kubang Kabupaten Bengkulu Tengah yaitu masjid tempat berlangsungnya kegiatan pengajian kurang memadai, remaja seringkali disibukkan dengan urusan pribadinya sehingga tidak dapat mengikuti kegiatan majelis taklim secara rutin, remaja yang belum memahami materi pengajian malu untuk bertanya sehingga menghambat pemahaman mereka mengenai materi agama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:47
Last Modified: 04 Nov 2022 02:47
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10854

Actions (login required)

View Item View Item