UPAYA GURU DALAM MEMBINA DAN MEMBENTUK SIKAP RELIGIUS SANTRI DI TPQ NUR ROHMAN PERUM KEMILING PERMAI PEKAN SABTU KOTA BENGKULU

Sulistiana, Agus (2019) UPAYA GURU DALAM MEMBINA DAN MEMBENTUK SIKAP RELIGIUS SANTRI DI TPQ NUR ROHMAN PERUM KEMILING PERMAI PEKAN SABTU KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
skripsi agus sulistiana pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Guru adalah faktor yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan terlebih Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an memegang peranan yang sangat strategis dan signifikan dalam mengajarkan keagamaan pada siswa. Guru Pendidikan Agama Islam agar lebih memperhatikan dan meningkatkan ketaatan ibadah pada siswa untuk memberikan pemahaman yang tepat tentang ibadah pada siswa seperti halnya memberikan pemahaman tentang shalat, wudhu, puasa dan membaca Al-Qur’an. Disamping memberikan pemahaman yang tepat selanjutnya yaitu mulai melatih siswa untuk disiplin menjalankan shalat dan wudhu, puasa serta membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu, diperlukannya bimbingan dan pengetahuan bagi siswa agar memiliki kemampuan membaca Al�Qur’an yang sesuai dengan hukum tajwid dan makhorijul huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru dalam membina dan membentuk sikap religius santri dalam ketaatan ibadah santri di TPQ Nur Rohman Berdasarkan hasil penelitian, bahwa upaya yang dilakukan oleh Guru dalam membina dan membentuk sikap religius santri TPQ Nur Rohman melalui 1). Mengenalkan ibadah shalat dan wudhu, 2). Membimbing membaca Al-Qur’an, 3). Mengenalkan ibadah puasa Ramadhan, 4). Membangun kerja sama antara orang tua dan lembaga TPQ. Upaya guru dalam membina dan membentuk santri religius ini dengan menggunakan metode nesihat, keteladanan, hadiah dan sanksi serta pembiasaan. Upaya yang dilakukan oleh Guru TPQ dalam membina dan membentuk santri religius telah berjalan dengan baik dan bisa dikatakan cukup berhasil dalam perubahan pelaksanaan ibadah siswa. Hal ini terbukti bahwa sebagian siswa sudah mampu melaksanakan sholat lima waktu dan dapat membaca Al�Qur’an dengan baik dan benar seperti dapat mengenal huruf hijaiyah, mengetahui hukum bacaan tajwid, dan membiasakan membaca Al-Qur’an serta belajar untuk berpuasa di bulan Ramadhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:51
Last Modified: 04 Nov 2022 02:52
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10857

Actions (login required)

View Item View Item