KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN METODE SKIMMING DAN SCANNING SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI VI SELUMA

Priyatno, Riki (2018) KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN METODE SKIMMING DAN SCANNING SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI VI SELUMA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Riki Priyatno.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ada dua persoalan yang di kaji dalam skripsi ini, yaitu (1)Langkah�langkah dalam penggunaan metode skimming dan scanning untuk meningkatkan keterampilan membaca cepat pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV MIN VI Seluma di Penago II. (2) Proses pembelajaran yang di tinjau dari cara guru kelas bahasa Indonesia kelas IV MIN VI Seluma dalam menggunakan metode skimming dan scanning, pada pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan kecepatan membaca siswa kelas IV menggunakan metode Skimming dan Scanning. Penelitian ini, berbentuk peneitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, pada penggunaan metode skimming dan scanning. Penggunaan langkah-langkah metode skimming dan scanning yang di gunakan di kelas IV MIN VI Seluma, yaitu dengan membaca per paragraph untuk mengetahui ide pokok atau gagasan suatu cerita, dan apabila untuk membaca cepat sautu cerita dengan memperhitungkan rumus yang telah diatur untuk anak MIN atau SD setiap kata dihitung permenit dan perdetik, apa bila masih ada anak didik yang belum faham maksud gagasan poko dan terbata-bata dalam membaca, maka guru mewajibkan mengulang bacaan dan disuruh maju kedepan untuk membaca bersama-sama. Dengan metode skimming dan scanning di kelas IV MIN VI Seluma pada pelajaran membaca cepat mata pelajaran Bahasa Indonesia, sudah sangat baik, walapun hasilnya masih belum maksimal, karena hanya menggunakan ;metode itu dan belum ada kegiatan yang mendukung pelajaran bahasa Indonesia seperti ekstra bahasa, atau sastra.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:52
Last Modified: 04 Nov 2022 02:52
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10859

Actions (login required)

View Item View Item