PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 03 AIR NAPAL BENGKULU UTARA

MARDHATILLA, WILLY (2018) PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 03 AIR NAPAL BENGKULU UTARA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Willy Mardhatillah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media tiga dimensi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 03 Air Napal Bengkulu Utara. Tujuan penelitian Mendeskripsikan proses pembelajaran matematika dengan strategi learning start with a question pada kelas IV SD Negeri 03 Air Napal Bengkulu Utara. Mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika dengan menggunakan Media Tiga Dimensi pada kelas IV SD Negeri 03 Air Napal Bengkulu Utara. Peneltian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 03 Air Napal Bengkulu Utara yang berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan media tiga dimensi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 03 Air Napal Bengkulu Utara pada mata pelajaran Matematika. Penggunaan Media Tiga Dimensi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV di SD Negei 03 Air Napal Bengkulu Utara pada bidang studi matematika. Hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 56,25 dengan ketuntasan belajar 56,25% meningkat pada siklus II menjadi 58,25 dengan ketuntasan belajar 61,75 % dan pada siklus III meningkat menjadi 67,5 dengan ketuntasan belajar 81,25%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Tiga Dimensi, Prestasi Belajar Matematika
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arlan Arlan fairuz
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:52
Last Modified: 04 Nov 2022 02:52
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10860

Actions (login required)

View Item View Item