PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI 56 KAUR DAN SD NEGERI 81 KAUR

Dahlena, Srima (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI 56 KAUR DAN SD NEGERI 81 KAUR. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Srima Dahlena.pdf

Download (2MB)

Abstract

Di SD Negeri 56 Kaur nilai hasil ulangan tengah semester PKn rendah, yaitu hanya 45% siswa yang mendapatkan nilai di atas 65, sedangkan 55% siswa mendapatkan nilai di bawah 65. Dalam hal ini nilai KKM yang ditetapkan adalah 65 dikarenakan model pembelajaran yang digunakan atau dipakai guru selalu sama, sehingga anak menjadi bosan dalam belajar. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 56 Kaur? Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode Eksperimen. Adapun data penelitian akan dianalisis menggunakan analisis kuantatif dengan rumus uji t (related varian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran Teams Game Taournament (TGT) terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 56 Kaur. Hal ini dapat dibuktikan dengan perhitungan Uji t dimana thitung sebesar 3,850 lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikan 5% yaitu 2,021 (thitung > ttabel,(0,05) = 3,850 > 2,021). Adapun syarat ada tidaknya pengaruh antar variabel adalah thitung harus lebih besar ttabel dengan taraf signifikan 5% ataupun 1%, sedangkan dalam penelitian ini peneliti menggunakan taraf signifikan 5% karena telah dipakai oleh kebanyakan penelitian pada umumnya, sehingga pada penelitian ini, hipotesis kerja (Ha) diterima yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 56 Kaur, sedangkan Ho ditolak yaitu tidak ada pengaruh pengaruh model pembelajaran Teams Game Taournament (TGT) terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 56 Kaur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:52
Last Modified: 04 Nov 2022 02:52
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10861

Actions (login required)

View Item View Item