PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF TEMPEL (KARPEL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SD NEGERI 68 BENGKULU TENGAH

Sundari, Susi (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF TEMPEL (KARPEL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SD NEGERI 68 BENGKULU TENGAH. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI SUSI SUNDARI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Kartu Huruf Tempel (karpel) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas II SDN 68 Bengkulu Tengah. Penelitian ini adalah Quasi Esperiment, Populasinya adalah semua siswa kelas II di SDN 68 Bengkulu Tengah, yang terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas A dan B dengan jumlah siswa 40 orang. Peneliti mengambil 2 kelas ini untuk dijadikan sampel yaitu kelas II A berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas II B berjumlah 20 orang sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode eksperimen. Dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes soal pilihan ganda dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan Uji t hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil postest siswa kelas II A yang menggunakan media pembelajaran Kartu Huruf Tempel (Karpel) yaitu dalam katagori sedang, sebanyak 9 orang siswa (45%) mendapatkan nilai antara 69,46 sampai 76,54. Dan hasil belajar siswa kelas II B yaitu tidak menggunakan media kartu huruf tempel yaitu dalam katagori sedang, sebanyak 15 orang siswa (75%) mendapatkan nilai antara 55,46 sampai 74,54. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran kartu huruf tempel terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia di SDN 68 Bengkulu tengah. Dengan perhitungan Uji t dimana thitung > ttabel (2,304 > 2,021).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:53
Last Modified: 04 Nov 2022 02:53
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10863

Actions (login required)

View Item View Item