PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN BAHASA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 88 KOTA BENGKULU

JUSA, SINTA (2018) PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN BAHASA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 88 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI SINTA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Rumusan masalah pada skripsi ini adalah: 1. Bagaimana penerapan teknik permainan bahasa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Negri 88 Kota Bengkulu. 2. Bagaimana Penerapan Teknik Permainan Bahasa dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Negri 88 Kota Bengkulu. Tujuan Penelitian yaitu untuk mengetahui 1. Penerapan teknik permainan bahasa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV Negeri 88 kota Bengkulu. 2. Penerapan Teknik permainan bahasa dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri 88 kota Bengkulu. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Teknik penggumpulan data menggunakan observasi dan tes berbicara. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa teknik permainan bahasa kartu kata bergambar dapat meninggkatkan kemampuan berbicara siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV. Penerapan teknik permainan bahasa dengan kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Indonesia siswa. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata tes kemampuan menulis puisi siswa pada siklus I 68,79 dengan ketuntasan klasikal 58,62% kemudian meningkat pada siklus II, nilai rata-rata kemampuan berbicara siswa 78,28 dengan ketuntasan klasikal 89,66%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teknik permainan bahasa, kemampuan berbicara.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arlan Arlan fairuz
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:53
Last Modified: 04 Nov 2022 02:53
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10865

Actions (login required)

View Item View Item