JUAL BELI SAWIT DIKABUPATEN SELUMA (Studi Tentang Penetapan Potongan Wajib Pada Pt Agri Andalas Desa Simpang Tiga Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu)

MUZAMIL, RAHMAT (2018) JUAL BELI SAWIT DIKABUPATEN SELUMA (Studi Tentang Penetapan Potongan Wajib Pada Pt Agri Andalas Desa Simpang Tiga Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
pdf muzamil.pdf

Download (3MB)

Abstract

Adapun persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu: ada ditemukannya kecurangan yang dilakukan oleh toke sawit yaitu menyirami sawit-sawit yang akan dijual dengan air sebelum proses terjadinya timbang menimbang, Adapun rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini yaitu 1) Bagaimana penerapan hak dan kewajiban jual beli sawit di PT. Agri Andalas Desa Simpang Tiga Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu, 2) Bagaimana hak dan kewajiban jual beli sawit di PT. Agri Andalas Desa Simpang Tiga Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu menurut UU No. 8 Tahun 1999 dan Hukum Islam. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan hak dan kewajiban jual beli sawit di PT. Agri Andalas Desa Simpang Tiga Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu menurut UU No. 8 Tahun 1999 dan Hukum Islam. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif, dimana dalam metode kualitatif sebagai prosedur untuk menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang serta perilaku yang dapat diamati, yang menitikberatkan pada wawancara mendalam, pengamatan, serta dokumentasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa 1) dalam penerapan hak dan kewajiban pada jual beli sawit, dimana PT. Agri Andalas sebagai konsumen haknya telah terlanggar 2) Menurut UU No. 8 Tahun 1999 hak PT Agri Andalas sebagai konsumen ini terlanggar, atas perbuatan curang yang dilakukan oleh pihak toke sawit. Dan jika ditinjau dari hukum Islam bahwasan praktik jual beli yang dilakukan antara toke sawit dan pihak PT Agri Andalas tidak sah karena adanya tipu daya dalam barang yang dijual

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hak dan Kewajiban
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Arlan Arlan fairuz
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:55
Last Modified: 04 Nov 2022 02:55
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10875

Actions (login required)

View Item View Item