Sari, Ica Lisvita (2018) KEMAMPUAN MANAJERIAL DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI 56 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text
ICA LISVITA SARI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah mutu pendidikan di SD Negeri 56 Kota Bengkulu yang masih rendah hal ini dapat dilihat dari jumlah sarana dan prasarana yang masih minim, pelaksanaan pembelajaran belum berlangsung secara efektif seperti kurangnya pemanfaatan media pembelajaran, kurangnya prestasi yang dimiliki baik prestasi akademik maupun non akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajerial kepala sekolah terhadap mutu pendidikan di SD Negeri 56 Kota Bengkulu, mengetahui kompetensi kepribadian yang dimiliki kepala sekolah dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat manajerial kepala sekolah terhadap mutu pendidikan. Penelitian tesis ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dari teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis data mengunakan teknik reduksi data, display data, pengecekan keabsahan data triagulasi kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepala SD Negeri 56 Kota Bengkulu sudah melaksanakan proses manajerial dengan baik dalam bidang kurikulum. Kemampuan manajerial kepala sekolah dalam proses belajar mengajar dikatakan cukup baik, namun terdapat pada tahap perencanaan yang kurang yaitu kepala sekolah belum melibatkan seluruh tatanan sekolah dalam perencanaannya. Dalam perencanaan sarana dan prasarana kepala sekolah membagi kebutuhan sesuai dengan periode waktu yaitu jangka pendek, menengah dan panjang namun belum membentuk struktur organisasi pelaksanaan sarpras, pelaksanaan sarpras sudah sesuai dengan standar PP No. 19 Tahun 2005 hanya saja belum berjalan dengan optimal. Penilaian kompetensi keribadian Kepala SD Negeri 56 Kota Bengkulu sesuai dengan Permenpan Nomor 16 Tahun 2009 dengan hasil skor 75 menujukkan kepala sekolah sudah memiliki kompetensi kepribadian yang cukup baik, menunjukkan keteladanan, memiliki integritas kepribadian sebagai seorang pempimpin, keinginan yang kuat dalam pengembangan diri, namun kepala sekolah kurang melibatkan wali murid dalam program sekolah. Faktor pendukung kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu pengembangan kurikulum yang sudah ada, adanya kemauan untuk maju dari seluruh pihak sekolah dan kerjasama antara kepala sekolah dengan guru dalam membangun pendidikan. Faktor penghambat yaitu kurangnya kualitas tenaga pendidik, keadaan sarpras yang kurang memadai, kurangnya kerjasama antara pihak sekolah dengan wali murid dan dana bantuan pendidikan yang diberikan kurang tepat sasaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | H John Hendri |
Date Deposited: | 04 Nov 2022 02:58 |
Last Modified: | 04 Nov 2022 02:58 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10885 |
Actions (login required)
View Item |