PELAKSANAAN PENYALURAN KREDIT USAHA RAKYAT MIKRO iB MELALUI AKAD MURABAHAH DI BANK RAKYAT INDONESIA SYARIAH KANTOR CABANG BENGKULU

Maryana, Rina (2018) PELAKSANAAN PENYALURAN KREDIT USAHA RAKYAT MIKRO iB MELALUI AKAD MURABAHAH DI BANK RAKYAT INDONESIA SYARIAH KANTOR CABANG BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi Rina Maryana.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1). Mengetahui prosedur penyaluran Kredit Usaha Rakyat Mikro iB di Bank BRI Syariah KC Bengkulu (2). Mengetahui penerapan akad murabahah pada produk Kredit Usaha Rakyat Mikro iB di Bank BRI Syariah KC Bengkulu. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi wawancara dan kepustakaan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Prosedur pengajuan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat Mikro iB di Bank BRI Syariah KC Bengkulu adalah sebagai berikut: (a) mengajukan permohonan pembiayaan, (b) memenuhi persyaratan dokumentasi, (c) melakukan penilaian kelayakan usaha nasabah, (2) Penerapan akad murabahah pada produk Kredit Usaha Rakyat Mikro iB di Bank BRI Syariah KC Bengkulu, pada penerapannya menggunakan akad murabahah bil wakalah dengan memberikan kuasa kepada nasabah untuk membeli barang tersebut. Dengan adanya akad murabahah bil wakalah tersebut maka bank sepenuhnya menyerahkan dana tersebut kepada nasabah untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan oleh nasabah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penyaluran Kredit Usaha Rakyat Mikro iB, akad murabahah.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:58
Last Modified: 04 Nov 2022 02:58
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10886

Actions (login required)

View Item View Item