PENERAPAN METODE CROSSWORLD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 02 IPUH

Rahayu, Putri (2018) PENERAPAN METODE CROSSWORLD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 02 IPUH. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI PUTRI RAHAYU.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar PAI siswa yang masih kurang optimal, selanjutnya dalam kegiatan pembelajaran siswa kurang mampu untuk menangkap pembelajaran PAI yang disampaikan oleh guru, ini disebabkan penyampaian guru yang monoton, kurang memvariasikan metode pembelajaran, ini dapat dilihat melalui hasil belajar siswa yang tidak mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan Metode crossworld puzzle meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri Ipuh Kabupaten Mukomuko? Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan Metode crossworld puzzle dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan sebuah bentuk kegiatan refleksi diri yang dilakukan oleh para pelaku pendidikan dalam suatu situasi kependidikan untuk memperbaiki rasionalitas dan keadilan tentang praktik�praktik kependidikan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti terhadap penerapan metode crossworld puzzle berbantukan media bagan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Beriman kepada Allah SWT kelas VII di SMPN 02 Mukomuko, maka peneliti menyimpulkan bahwa: keberhasilan pembelajaran PAI di SMPN 02 Mukomuko dilihat dari hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui Metode crossworld puzzle melalui media bagan. Hal ini terlihat dari hasil tes belajar dari siklus I dan siklus II yang meningkat dari 62 % menjadi 82 %. Hasil observasi dalam penggunaan penerapan metode crossworld puzzle dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Beriman kepada Allah SWT yang diikuti oleh siswa pada waktu tindakan menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa yang berkategori baik dan memuaskan dengan rentang pada siklus II. Penggunaan penerapan metode crossworld puzzle juga dapat meningkatkan efisiensi pembelajaran PAI di SMPN 02 Mukomuko dan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan menarik bagi siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:59
Last Modified: 04 Nov 2022 02:59
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10887

Actions (login required)

View Item View Item