UPAH GURU DAN KARYAWAN SMPIT IQRA‟ DI LEMBAGA PENDIDIKAN SOSIAL DAN DAKWAH AL-FIDA KOTA BENGKULU DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM

Armawansyah, Armawansyah (2018) UPAH GURU DAN KARYAWAN SMPIT IQRA‟ DI LEMBAGA PENDIDIKAN SOSIAL DAN DAKWAH AL-FIDA KOTA BENGKULU DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI ARMAWANSYAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapatan guru dan karyawan di SMPIT Iqra‟ di Lembaga Pendidikan Sosial dan Dakwah Al-Fida Kota Bengkulu. Untuk mengungkap permasalahan apakah tinjauan Ekonomi Islam dalam pendapatan Guru dan di SMPIT Iqra‟ Kota Bengkulu sudah sesuai dengan ajaran Islam atau tidak, peneliti menggunakan jenis penelitian Feel Reseacrh serta metode pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa hasil wawancara langsung dari beberapa informan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Pendapatan guru dan karyawan di SMPIT Iqra‟ Kota Bengkulu kalau berdasarkan standar Upah Minimum Regional sebesar Rp. 1.730.000,- /bulan memang sudah termasuk memenuhi standar Upah Minimum Regional, akan tetapi kalau dilihat dari segi pemenuhan kebutuhan, Pendapatan Guru dan Karyawan SMPIT Iqra‟ hanya sebatas kebutuhan Dharuriyat ( primer ) saja belum mencapai tahap kebutuhan Hajiyat (sekunder) dan Tahsiniyat ( tersier ).Tinjauan Ekonomi Islam terhadap pendapatan guru dan karyawan SMPIT Iqra‟ Kota Bengkulu yaitu dalam hal pendapatan sudah memenuhi standar upah, namun jika dibandingkan dengan beban kerja yang dihadapi maka belum sesuai dengan upah yang didapat sehingga dalam hal ini belum memenuhi prinsip pengupahan dalam Islam yaitu prinsip keadilan, prinsip kelayakan dan prinsip kebajikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Upah, Penyaluran, BebanKerja
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:00
Last Modified: 04 Nov 2022 03:00
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10893

Actions (login required)

View Item View Item