ANALISIS PENETAPAN MARGINSECARA FLATPADA PRODUK PEMBIAYAAN GRIYA IB HASANAH MELALUI AKAD MURABAHAH DI PT. BNI SYARIAH KCP LUBUKLINGGAU

Herliyanti, Herliyanti (2018) ANALISIS PENETAPAN MARGINSECARA FLATPADA PRODUK PEMBIAYAAN GRIYA IB HASANAH MELALUI AKAD MURABAHAH DI PT. BNI SYARIAH KCP LUBUKLINGGAU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI HERLIYANTI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Adapun yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu: Bagaimana pelaksanaan produk pembiayaan Griya Ib Hasanah diterapkan oleh PT. BNI Syariah KCP Lubuklinggau?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan produk pembiayaan Griya Ib Hasanah diterapkan oleh PT. BNI Syariah KCP Lubuklinggau. Tentang prosedur dan penentuan margin pembiayaan Griya IB Hasanah melalui Akad murabahah di PT. BNI Syariah KCP Lubuklinggau yakni berawal dari hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia yang mengeluarkan kebijakan berdasarkan BI rate. Besaran BI rate tersebut kemudian dirapatkan kembali pada rapat ALCO (Asset/liability Management Comitte) dan dari rapat ALCO, maka diputuskan besaran margin keuntungan yang berlaku di BNI Syariah seluruh Indonesia. Margin yang ditetapkan oleh ALCO ini tidak boleh di bawah BI rate yang telah dikeluarkan oleh Bank Indonesia sebelumnya. Hasilnya penentuan margin pada pembiayaan griya ib hasanah melalui akad murabahah yang dijalankan PT. BNI Syariah KCP Lubuklinggau, ternyata belum sesuai dengan prinsip Islam dan Fatwa DSN tentang akad murabahah, yakni belum berdasarkan kesepakatan dalam menentukan margin dan mengandung unsur riba sebab bank mengambil keuntungan dengan cara menetapkan langsung berapa margin yang akan diberikan kepada calon debitur tersebut, tanpa adanya penjelasan terperinci mengenai penetapan angsuran yang akan dibayar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Margin, Pembiayaan, Akad Murabahah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Arlan Arlan fairuz
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:02
Last Modified: 04 Nov 2022 03:02
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10905

Actions (login required)

View Item View Item