PENERAPAN AKAD RAHN DAN QARDH PADA PRODUK GADAI EMAS DI PT. PEGADAIAN (PERSERO) SYARIAH KANTOR CABANG SIMPANG SEKIP KOTA BENGKULU

Puspita, Tyarani Dwi (2018) PENERAPAN AKAD RAHN DAN QARDH PADA PRODUK GADAI EMAS DI PT. PEGADAIAN (PERSERO) SYARIAH KANTOR CABANG SIMPANG SEKIP KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI TYARANI DWI PUSPITA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada penelitian ini terdapat dua rumusan masalah: (1) Bagaimana pelaksanaan akad rahn (emas) di PT. Pegadaian (Persero) Syariah Kantor Cabang Simpang Sekip Kota Bengkulu? (2) Apakah penerapan akad rahn (emas) di PT. Pegadaian (Persero) Syariah Kantor Cabang Simpang Sekip Kota Bengkulu sudah sesuai dengan fatwa DSN MUI No: 25/DSN-MUI/III/2002 tentang rahn, fatwa DSN MUI No: 26/DSN-MUI/III/2002 tentang rahn emas dan fatwa DSN MUI No: 92/DSN-MUI/IV/2014 tentang pembiayaan yang disertai rahn?. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah: (1) Sumber primer yaitu didapat melalui wawancara yang dilakukan kepada Kepala Kantor Cabang dan Penaksir Cabang. (2) Sumber sekunder didapatkan dari pengumpulan data lewat buku, jurnal, dokumen, brosur yang berkaitan dengan penerapan akad rahn dan qardh pada produk gadai emas. Setelah data terkumpul, kemudian dengan menggunakan teknik analisis reduksi data untuk menganalisis data tersebut. Setelah data direduksi, langkah selanjutnya ialah display data untuk menentukan data yang berkaitan dengan penelitian, kemudian tahapan akhir ialah conclusion drawing/verification dengan cara membuat kesimpulan dan verifikasi masalah untuk memutuskan seberapa banyak percaya terhadap hasil analisis data. Adapun hasil dari penelitian menunjukkan bahwa produk gadai emas yang ada di PT. Pegadaian (Persero) Syariah Kantor Cabang Simpang Sekip Kota Bengkulu merupakan satu kesatuan dari akad rahn dan qardh yang unik dan mengenai pelaksanaan akad rahn (emas) di pegadaian syariah tersebut sudah sesuai dengan fatwa DSN MUI No: 25/DSN-MUI/III/2002 tentang rahn. Akan tetapi, belum sesuai dengan fatwa DSN MUI No: 26/DSN-MUI/III/2002 tentang rahn emas dan fatwa DSN MUI No: 92/DSN-MUI/IV/2014 tentang pembiayaan yang disertai rahn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Akad, Rahn dan Qardh
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:03
Last Modified: 04 Nov 2022 03:03
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10912

Actions (login required)

View Item View Item