PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING DI RAUDHATUL ATFHAL AN-NIHAYAH KOTA BENGKULU

JUWITA, ARY KURNIA (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING DI RAUDHATUL ATFHAL AN-NIHAYAH KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING DI RA AN-NIAHAYAH KOTA BENGKULU.pdf

Download (29MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada anak RA An-Nihayah kota Bengkulu, pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan motorik halus anak terlalu sering menggunakan majalah bulanan, mewarnai dan menggambar dengan pensil dan crayon. Kegiatan yang terlalu sering dilakukan membuat anak bosan dan pembelajaran menjadi kurang menarik. Sehingga Kemampuan motorik halus anak dalam kegiatan yang berlangsung masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan kegiatan finger painting di RA An�Nihayah .kota Bengkulu dan Untuk mengetahui apakah kegiatan finger painting dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak dini di RA An-Nihayah kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kegiatan finger painting dapat meningkat keterampilan motorik halus anak kelas B di RA An-Nihayah Kota Bengkulu. Hal ini terbukti dari hasil observasi terhadap kegiatan finger painting, menunjukkan bahwa pada siklus pertama pertemuan pertama mendapatkan nilai rata-rata 70.14 dengan ketuntasan belajar klasikal anak sebesar 14,28 %. Pada siklus pertama pertemuan kedua meningkat menjadi nilai rata-rata skor 80,64 dengan ketuntasan belajar klasikal anak sebesar 35,71 %. Pada siklus kedua pertemuan pertama mendapatkan nilai rata-rata 85,42 dengan ketuntasan belajar 71,42 %. Pada siklus kedua pertemuan kedua meningkat menjadi nilai rata-rata skor 87.5 dengan ketuntasan belajar klasikal anak sebesar 92,85 %. Hasil perbandingan pengamatan peningkatan keterampilan motorik halus Anak melalui kegiatan finger painting antara siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dan sudah mencapai target ketuntasan belajar sebesar 90 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:04
Last Modified: 04 Nov 2022 03:04
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10948

Actions (login required)

View Item View Item