STRATEGI PENERIMAAN SISWA BARU DI MI PLUS NUR RAHMA KOTA BENGKULU DALAM PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT

Nopriantoni, Debi (2018) STRATEGI PENERIMAAN SISWA BARU DI MI PLUS NUR RAHMA KOTA BENGKULU DALAM PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
TESIS DEBI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih banyak Madrasah yang kurang maksimal dalam menerapkan strategi-strategi penerimaan siswa baru, sementara di MI Plus Nur Rahma sudah maksimal dalam menerapkan strategi penerimaan siswa baru.Penelitian ini bertujuan untuk Menemukan dan mendeskripsikan bagaimana strategi penerimaan siswa baru di Madrasah Ibtidaiyah Plus Nur Rahma Kota Bengkulu dalam perspektif Total Quality Management ditinjau dari aspek Perbaikan terus menerus dan berkelanjutan, dari aspek Focus pada kostumer/ mempertahankan hubungan dengan pelangggan dan dari aspek Keterlibatan total. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) Data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.data yang terkumpul dari tehnik tersebut dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verivikasi data, keabsahan data diperoleh dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Strategi penerimaan siswa baru di Madrasah Ibtidaiyah Plus Nur Rahma Kota Bengkulu telah menggunakan prinsipprinsip dari Total Quality Management. Adapun prinsip yang dimaksud yaitu: perbaikan terus-menerus dan berkelanjutan, fokus pada kostumer/mempertahankan hubungan dengan pelanggan dan keterlibatan total. Adapun indikatornya yang berkaitan dengan perbaikan terus menerus meliputi perbaikan kualitas dan kompetensi guru, kualitas pembelajaran sampai kepada perbaikan sarana dan prasarana. Indikator yang berkaitan dengan fokus pada costumer/ mempertahankan hubungan dengan pelanggan berkaitan dengan adanya semacam jaminan mutu yang berorientasi pada kepuasan pelanggan. Sedangkan keterlibatan total didasari dengan adanya upaya melibatkan seluruh stakeholder di madrasah dalam upaya memajukan kualitas madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Total Quality Management, penerimaan siswa baru,dan Madrasah Ibtidaiyah Plus Nur Rahma
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Arlan Arlan fairuz
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:04
Last Modified: 04 Nov 2022 03:04
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10954

Actions (login required)

View Item View Item