Zanita, Erlina (2017) Pengaruh Lingkungan Belajar Sekolah Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SD Negeri 14 Bengkulu Selatan. Masters thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
Erlina Zanita.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemandirian belajar yang memang disadari oleh setiap siswa, namun hal ini belum optimal terutama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Peran lingkungan belajar sekolah sangat berpengaruh terhadap berhasilnya proses pembelajaran, selain itu motivasi belajar yang masih rendah menjadi salah satu faktor yang membuat siswa belum mencapai kemandirian belajar Pendidikan Agama Islam yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar sekolah terhadap kemandirian belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa di SD Negeri 14 Bengkulu Selatan, kedua untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa di SD Negeri 14 Bengkulu Selatan, ketiga untuk mengetahui pengaruh yang positif secara bersamaan antara lingkungan belajar sekolah dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa di SD Negeri 14 Bengkulu Selatan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis korelasi dan regresi. Populasi penelitian ini berjumlah 135 orang, dan yang menjadikan sampel adalah 25 % dari jumlah populasi, yaitu 34 orang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan yang berkaitan dengan hipotesis yang diajukan pada penelitian ini sebagai berikut: Pertama, terdapat pengaruh lingkungan belajar sekolah terhadap kemandirian belajar Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 14 Bengkulu Selatan dengan koefisien korelasi antara X1 dan Y sebesar 0,640 yang menunjukan hubungan kuat dengan korelasi sebesar 41,0%. Kedua, terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 14 Bengkulu Selatan. dengan koefisien korelasi antara X2 dan Y sebesar 0,787 yang menunjukan hubungan kuat dan korelasi sebesar 62,0%. Ketiga, secara bersamaan terdapat pengaruh antara lingkungan belajar sekolah dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 14 Bengkulu Selatan dengan koefisien korelasi antara X1 dan X2 bersama-sama terhadap Y sebesar 0,808 yang menunjukan pada tingkat hubungan sangat kuat dengan korelasi sebesar 65,4% serta hasil regresi Y atas X1 dan X2, didapat persamaan regresi Y = 5,498 + 0,229 + 0,627. Kata Kunci : Lingkungan Belajar Sekolah, Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Syahril Syahril M.Ag |
Date Deposited: | 15 Mar 2019 04:40 |
Last Modified: | 15 Mar 2019 04:40 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/1097 |
Actions (login required)
View Item |