Pengaruh Akal dan Pengendalian Nafsu Terhadap Pola Konsumsi Islami (Studi: Mahasiswa Fakultas Syariah Dan Ekonomi Islam IAIN Bengkulu)

Mukhalipah, Mukhalipah (2015) Pengaruh Akal dan Pengendalian Nafsu Terhadap Pola Konsumsi Islami (Studi: Mahasiswa Fakultas Syariah Dan Ekonomi Islam IAIN Bengkulu). Diploma thesis, IAIN Bengkulu.

[img] Text
skripsi Mukhalipah PDF.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) Apakah akal, dan pengendalian nafsu secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pola konsumsi Islami mahasiswa. (2) Apakah akal berpengaruh terhadap pola konsumsi Islami mahasiswa. (3) Apakah pengendalian nafsu berpengaruh terhadap pola konsumsi Islami mahasiswa. (4) Seberapa besar pengaruh akal, dan pengendalian nafsu terhadap pola konsumsi Islami mahasiswa Fakultas Syariah dan Ekonomi IslamIAIN Bengkulu. Adapun jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantatif asosiatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Bengkulu semester VI dan VIII yang berjumlah 305 orang. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Convenience sampling yang berjumlah 173 responden. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji validitas data ialah metode Pearson Corelation sedangkan uji reliabilitas menggunakan metode Alpha Cronbach. Uji normalitas menggunakan metode Skewnes, uji homogenitas menggunakan metode Levene Test dan uji multikolinearitas menggunakan Tolerancedan Variance Inflation Factor(VIF). Sedangkan uji hipotesis dilakukan dengan regresi linear berganda menggunakan uji F dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akal dan pengendalian nafsu secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pola konsumsi Islami mahasiswa. Akal berpengaruh signifikan terhadap pola konsumsi Islami mahasiswa, dan Pengendalian nafsu berpengaruh signifikan terhadap pola konsumsi Islami mahasiswa Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Bengkulu. Variabel Akal dan pengendalian nafsu mempengaruhi pola konsumsi Islami sebesar 0,121 atau 12,1%

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Furqon FA Adli
Date Deposited: 11 Oct 2023 08:05
Last Modified: 11 Oct 2023 08:05
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/11552

Actions (login required)

View Item View Item