ANALISIS KEMAMPUAN MATEMATIS (PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN) BERDASARKAN GENDER PADA MATA KULIAH PENGANTAR DASAR MATEMATIKA MAHASISWA IAIN BENGKULU

Rahmat, Reno Gustika (2022) ANALISIS KEMAMPUAN MATEMATIS (PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN) BERDASARKAN GENDER PADA MATA KULIAH PENGANTAR DASAR MATEMATIKA MAHASISWA IAIN BENGKULU. Other thesis, IAIN BENGKULU.

[img] Text
RENO GUSTIKA RAHMAT.pdf

Download (23MB)

Abstract

Kemampuan matematis mahasiswa terutama kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika. Objek yang tepat sebagai tolak ukur dalam mengukur kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis yakni salah satunya materi mata kuliah pengantar dasar matematika. Selain itu, beberapa ahli juga menyatakan bahwa manusia memiliki perbedaan gender maka tentu juga memiliki perbedaan dalam kemampuan matematika. Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis yang dimiliki mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan di prodi tadris matematika IAIN Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek 81 mahasiswa tadris matematika semester 3 dan semester 5 tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni dengan soal tes dan wawancara. Soal tes yang digunakan sebanyak 8 soal esay, 4 soal esay dengan 5 indikator kemampuan pemahaman konsep dan 4 soal esay dengan 4 indikator kemampuan penalaran matematis, dimana soal kemampuan pemahaman konsep berkaitan dengan materi himpunan dan fungsi, sedangan soal kemampuan penalaran matematis berkaitan dengan materi penalaran logis. Dari hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis mahasiswa pada mata kuliah pengantar dasar matematika belum optimal atau masih rendah. Hal ini disebabkan sebagian mahasiswa mengikuti pembelajaran online sehingga keterbatasan dalam penyampaian materi dan sebagian mahasiswa lagi yang mengikuti pembelajaran tatap muka langsung sudah tidak mempelajari kembali materi semester awal sehingga sudah sedikit lupa dengan materi yang dipelajari. Dilihat kemampuan berdasarkan gender, mahasiswa perempuan lebih unggul pada kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis dibanding mahasiswa laki-laki.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Matematika
Depositing User: Furqon FA Adli
Date Deposited: 27 Nov 2023 06:54
Last Modified: 27 Nov 2023 06:54
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/11553

Actions (login required)

View Item View Item