Pendekatan Scientific dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis pada Mata Pelajaran PKN Kelas Iv SDN 56 Kota Bengkulu

Abdurrahman, Muhammad (2017) Pendekatan Scientific dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis pada Mata Pelajaran PKN Kelas Iv SDN 56 Kota Bengkulu. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD ABDURRAHMAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendekatan scientific dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan mengetahui apakah pendekatan scientific dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PKN kelas IV a di SDN 56 Kota Bengkulu. Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas.Penelitianinidilaksanakan di SDN 56 Kota BengkuluPadaTanggal 31 Oktober s/d 21 Desember 2017.SubyekpenelitianiniyaitusiswakelasIV SDN 56 Kota Bengkulu yang berjumlah 25Orang yang terdiiridari 14 orang siswadan 11 orang siswi. Penelitianinidilaksanakandengankolaborasiantarapeneliti, guru kelasdanpartisipasisiswa.Penelitiantindakankelasinidilaksanakandalam III siklusserta Pra Siklus, dimana I siklusterdiridaridua kali pertemuan.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwadenganmenggunakanPendekatan Scientificdapatmeningkatkankemampuan berfikir kritissiswa yang dapatdilihatdarihasilbelajarsiswakelasIV di SDN 56 Kota Bengkulu.Hal initerbuktidarikemampuanawal (pre-test) diperolehhasilbelajarsiswasebesar 12% dengannilai rata-rata 49.Untukitupenelitimelaksanakansiklus I, presentasediperolehmencapai 56% dengannilai rata-rata 68, padasiklus II mencapai 68% dengannilai rata-rata 71,4. Kemudianmengalamipeningkatanpadasiklus III sebesar 88% dengannilai rata-rata 81,4. Sedangkanjumlahskoraktivitassiswapadasiklus I adalah 16(kurang), siklus II adalah 26(cukup), dansiklus III 32 (baik). Aktivitas guru padasiklus I adalah 2,6 (cukup), siklus II adalah 29(baik), dansiklus III adalah 37(baik).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: megi arian
Date Deposited: 16 Mar 2018 03:31
Last Modified: 16 Mar 2018 08:41
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/17

Actions (login required)

View Item View Item