Minat Masyarakat terhadap Investasi Logam Mulia di Pegadaian Syariah UPC.Semangka Kota Bengkulu

Yani, Afri (2017) Minat Masyarakat terhadap Investasi Logam Mulia di Pegadaian Syariah UPC.Semangka Kota Bengkulu. Diploma thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Afri Yani.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Minat Masyarakat terhadap Investasi Logam Mulia di Pegadaian Syariah UPC. Semangka Kota Bengkulu oleh Afri Yani NIM 2123138369. Ada dua rumusan masalah yang dibahas dalam skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana minat masyarakat terhadap investasi logam mulia di Pegadaian Syariah Upc. Semangka Kota Bengkulu, (2) Apa saja faktor yang mempengaruhi minat masyarakat untuk berinvestasi logam mulia di Pegadaian Syariah Upc. Semangka Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bermanfaat untuk memberikan informasi, fakta serta data tentang masyarakat terhadap investasi logam mulia di Pegadaian Syariah Upc. Semangka Kota Bengkulu dan faktor yang mempengaruhinya. Kemudian sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebagai berikut: Pertama, Minat atau ketertarikan masyakat untuk berinvestasi logam mulia/emas di Pegadaian Syariah Upc. Semangka Kota Bengkulu dikarenakan logam mulia/emas menguntungkan, merupakan alternatif investasi yang aman, peluang bisnis dengan resiko kerugian yang rendah, lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan investasi produk yang lain, bernilai jual tinggi dan mudah dalam bertransaksi, merupakan produk yang menarik, dan halal sesuai syariat Islam. Kedua, Faktor yang mempengaruhi minat masyarakat berinvestasi logam mulia/emas dapat dilihat dari sisi: a) faktor pengetahuan yaitu sosialisasi yang dilakukan oleh pihak pegadaian, produk yang telah memenuhi kriteria investasi secara syariah, produk yang ditawarkan memenuhi standar kualitas dan keasliannya serta beban angsuran sesuai dengan kemampuan masyarakat itu sendiri, b) faktor psikis yaitu produk logam mulia/emas merupakan produk yang menarik, dapat meningkatkan prestise masyarakat yang bersangkutan, mekanisme investasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku, kualitas dan standar yang baik karena emas yang diinvestasikan bersertifikat langsung dari PT. Antam, Tbk sehingga emasnya dapat dengan mudah dijual di manapun dan kadarnyapun tidak akan mengalami penurunan, investasi dalam bentuk emas memberikan keuntungan, dan investasi dapat berlaku sepanjang masa. Kata Kunci: Minat Masyarakat, Investasi, Logam Mulia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Law
Depositing User: Mr Wawan Kurniawan
Date Deposited: 04 Mar 2019 02:41
Last Modified: 04 Mar 2019 02:41
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/213

Actions (login required)

View Item View Item