PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BILLBOARD RANKING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 03 KAUR

Sustari, Pinsa (2019) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BILLBOARD RANKING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 03 KAUR. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
skripsi full pinsa.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pinsa Sustari. 1416212629. Desember 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Billboard Ranking Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri 03 Kaur Tahun Ajaran 2018/2019, Skripsi: Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Tadris. IAIN Bengkulu. Pembimbing : 1. Dr. Zubaedi, M.Ag, M.Pd 2. Salamah,SE, M.Pd. Kata Kunci: Metode Billboard Ranking, Keaktifan Siswa, Pendidikan Agama Islam Penelitian ini dilatar belakanggi oleh kurangnya keaktifan siswa dalam belajar Pendidikan agama Islam. Hal ini ditandai saat pembelajaran berlangsung siswa malu bertanya, banyak diam, kurang terjadi interaksi antara guru dan siswa. Kuat dugaan hal ini karena guru cenderung mengunakan metode yang belum dapat menumbuhkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran di SD Negeri 03 Kaur. Atas dasar ini maka penelitian ini membahas tentang seberapa besar efektifitas penerapan metode pembelajaran billboard ranking dalam meninggatkn keaktifan siswa kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 03 Kaur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran billboard ranking dalam meningkatkan keaktifan siswa kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 03 Kaur. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD negeri 03 Kaur yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunkan teknik persentase. Dari hasil penelitian dapat disimpukan bahwa metode billboard ranking dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang menunjukan adanya peningkatan rata-rata keaktifan belajar siswa. Hasil pra siklus adalah sebesar 36%, pada siklus I sebesar 56% dan siklus II sebesar 89%. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan keaktifan siswa pada siklus ke siklus. Dengan demikian bahwa metode billboard ranking terbukti telah meningkatkan keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Billboard Ranking, Keaktifan Siswa, Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 28 Mar 2019 01:17
Last Modified: 28 Mar 2019 01:17
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2566

Actions (login required)

View Item View Item