PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BELAJAR DISKUSI DAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP NEGERI 05 KOTA BENGKULU

Nurmala Dewi, Nia (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BELAJAR DISKUSI DAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP NEGERI 05 KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
skripsi nia pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nia Nurmala Dewi, NIM: 1416212580. Dengan Judul “Perbandingan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Belajar Diskusi dan Metode Demontrasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di SMP Negeri 05 Kota Bengkulu.”. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Tadris, IAIN Bengkulu, Pembimbing 1: Dr.H.M. Nasron, HK, M.Pd.I, Pembimbing 2: Desy Eka Citra Dewy, M.Pd. Kata Kunci: hasil Belajar, metode diskusi dan metode demonstrasi. Untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan guru harus mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menarik yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran. Metode pembelajaran adalah suatu cara atau strategi yang dilakukan oleh seorang guru agar terjadi proses belajar pada diri siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode belajar diskusi dan metode belajar demontrasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di SMP Negeri 05 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik porposive sampling. Dengan teknik pengumpulan data melalui tes. Populasi dari Kelas VII sebanyak 140 orang dengan sampel yang diambil 40 orang yakni Kelas VII A dan VII B. Sedangkan untuk teknik analisa data yang digunakan yaitu menggunakan rumus Sparated Varians. Berdasarkan analisa data disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode belajar diskusi dan metode belajar demontrasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Negeri 05 Kota Bengkulu. Hal ini dapat dibuktikan dengan h`asil pengujian uji “t” Pada kedua kelompok diperoleh= thitung 5,095 > ttabel 2,021.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: hasil Belajar, metode diskusi dan metode demonstrasi.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 28 Mar 2019 01:18
Last Modified: 28 Mar 2019 01:18
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2569

Actions (login required)

View Item View Item