PERAN GURU AGAMA DALAM MEMBIMBING KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI SD NEGERI 60 KOTA BENGKULU

Hadi, Yusra (2019) PERAN GURU AGAMA DALAM MEMBIMBING KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI SD NEGERI 60 KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
YUSRA.pdf

Download (763kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yusra Hadi. Nim : 1416212476. Judul Skripsi Tentang : “Peran Guru Agama Dalam Membimbing Kecerdasan Spiritual Siswa Di SD Negeri 60 Kota Bengkulu”. Pembimbing I . Drs. H. Rizkan A Rahman, M.Pd. Pembimbing II. Wiwinda, M.Ag. Kata Kunci : Kecerdasan Spiritual Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru Agama Dalam Membimbing Kecerdasan Spiritual Siswa Di SD Negeri 60 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus, karena penelitian ini bersifat analisis deskriptif yaitu berupa kata-kata tertulis atau lisan dari perilaku yang di amati. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah SDN 60 Kota Bengkulu, Guru Mata Pelajaran PAI SDN 60 Kota Bengkulu, dan Siswa SDN 60 Kota Bengkulu. Tahapan-tahapan dalam penelitian ini terdapat tahapan evention dan tahapan discovery. Subyek penelitian ini adalah sumber untuk memperoleh informasi baik dari orang maupun sesuatu, dan yang menjadi obyek penelitian ini ialah Peran Guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan spritual siswa kelas V SDN 60 Kota Bengkulu. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara (interview), dan metode dokumentasi. Dari analisis data dan hasil penelitian dapat disimpulkan, guru berusaha membimbing siswa agar dapat menemukan berbagai potensi yang dimilikinya, membimbing siswa agar dapat mencapai dan melaksanakan tugas-tugas perkembangan mereka, sehingga dengan ketercapaian itu, siswa akan tumbuh dan berkembang menjadi seseorang sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya. Strategi yang dilakukan guru untuk membangkitkan, memotivasi belajar siswa yaitu: menjelaskan tujuan belajar ke peserta didik, memberikan hadiah, mengadakan saingan dan kompetisi, memberikan pujian, hukuman, memberikan dorongan kepada anak didik untuk belajar, membentuk kebiasaan belajar yang baik, membantu kesulitan belajar anak didik secara individual maupun kelompok, menggunakan metode bervariasi, menggunakan media yang baik sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Spiritual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 28 Mar 2019 01:18
Last Modified: 28 Mar 2019 01:18
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2570

Actions (login required)

View Item View Item