Dayanti, Vini (2019) KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 01 BETUNGAN BENGKULU SELATAN. Other thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
Skripsi Vini Dayanti (PGMI).pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Vini Dayanti, NIM. 1416242756, Januari 2019 judul Skripsi: “Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Betungan Bengkulu Selatan”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing: 1. Dr. H. M. Nasron HK, M.Pd. I; 2. Aziza Aryati, M.PAg Kata Kunci : Keterampilan Guru, Mengelola Kelas, Mata Pelajaran Matematika Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Betungan Bengkulu Selatan khususnya pada kelas IV diketahui bahwa siswa merasa tertekan apabila akan ada pelajaran Matematika. Kemudian, keterampilan guru dalam hal pengaturan udara yang masuk ke dalam kelas juga masih kurang. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana keterampilan guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran Matematika di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Betungan Bengkulu Selatan?; 2) Apa saja kendala guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran Matematika di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Betungan Bengkulu Selatan? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. aktivitas dalam analisis data yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing/verifikation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keterampilan guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Betungan Bengkulu Selatan sudah tampak terampil, yang mana hal tersebut didapatkan dari hasil penelitian, yaitu: pertama, dari segi mengelola kondisi kelas yang meliputi pengelolaan kebersihan kelas, pengaturan tempat duduk dengan format kolom dan baris, penempatan poster/gambar/media pendidikan mudah terlihat dan rapi, tetapi dari segi pengaturan udara, masih kurang terampil karena dari upaya guru Matematika tersebut membuat beberapa siswa tidak nyaman. Kedua, dari segi sikap tanggap yang mana dari segi ini guru senantiasa tanggap terhadap aktivitas siswa, ketiga dari segi pemberian perhatian kelompok, guru memberi perhatian yang sama kepada setiap siswa tanpa membedakan-bedakannya, keempat keterampilan memberi petunjuk dan tujuan yang jelas juga sudah dilakukannya dan didukung oleh penggunaan bahasa yang jelas, kelima keterampilan dari segi memberi teguran, guru pun sudah terampil karena telah memberikan teguran dengan baik dan tidak mempermalukan siswa, sementara dalam memberi penguatan dilakukan dengan memberi pujian dan motivasi kepada siswa; 2) Kendala guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran Matematika di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Betungan Bengkulu Selatan, yakni sistem kurikulum yang selalu berubah, keterbatasan guru yang menguasai sistem pembelajaran K13, kemudian faktor siswa itu sendiri dan ketersediaan sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Guru, Mengelola Kelas, Mata Pelajaran Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syahril Syahril M.Ag |
Date Deposited: | 28 Mar 2019 01:18 |
Last Modified: | 28 Mar 2019 01:18 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2572 |
Actions (login required)
View Item |