PENERAPAN METODE SORT CARD DALAM PEMBELAJARAN FIQIH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIN 2 KOTA BENGKULU

Nurul Aini, Aziza (2019) PENERAPAN METODE SORT CARD DALAM PEMBELAJARAN FIQIH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIN 2 KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Skripsi Aziza Nurul Aini.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Aziza Nurul Aini, Nim: 1416242679, Penerapan Metode Sort Card Dalam Pembelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Min 2 Kota Bengkulu, Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing I Hj. Asiyah, M.Pd dan Pembimbing II Zulfikri Muhammad, M.S.I. Kata Kunci : Metode Sort Card, hasil belajar, fiqih Permasalahan yang didapatkan bahwa, pembelajaran fiqih siswa di kelas IV MIN 2 Kota Bengkulu masih kurang baik, masih sering dijumpai adanya permasalahan yang berkaitan dengan metode pembelajaran dalam mata pelajaran Fiqih. Disebabkan karena guru menggunakan metode yang belum bervariasi dengan menggunakan metode konvensional yang berpusat pada guru, siswa sebagai pendengar membawa dampak pada kejenuhan siswa, sehingga membuat siswa tidak berperan aktif, siswa kurang berfikir kritis yang mengakibatkan pembelajaran kurang bermakna. Penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaaan metode Sort Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Min 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model penelitian daro kemiss dan Mc. Taggart, penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, subjek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 34 siswa Min 2 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan metode sort card dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan rata-rata persentase hasil belajar yang diperoleh dapat dilihat dari prasiklus, siklus I, siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pada prasiklus 32%, siklus I meningkatkat menjadi 67,7%, dan siklus II meningkatkan menjadi 91,1%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Sort Card, hasil belajar, fiqih
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 02 Apr 2019 08:37
Last Modified: 02 Apr 2019 08:37
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2590

Actions (login required)

View Item View Item