Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas IV SDN 93 Kaur Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dengan Materi Membuat Kerajinan Tangan Dari Kardus Dan Botol Minuman Bekas

Suryani, Yeti (2019) Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas IV SDN 93 Kaur Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dengan Materi Membuat Kerajinan Tangan Dari Kardus Dan Botol Minuman Bekas. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YETI SURYANI BAB 1-5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Judul skripsi: “Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas IV SDN 93 Kaur Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dengan Materi Membuat Kerajinan Tangan Dari Kardus Dan Botol Minuman Bekas”. Nama : Yeti Suryani , Nim : 1416242791 . Dosen Pembimbing 1 Nurlaili, M.Pd.I. dan Dosen Pembimbing II Ahmad Syarifin, M.Ag. Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan kreatifitas siswa pada mata pelajaran seni budaya dengan materi membuat kerajinan tangan dari kardus dan botol minuman bekas. Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yaitu penelitian dengan menggunakan suatu tindakan untuk mencegah, masalah di kelas dalam upaya memperbaiki proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi. Kesimpulan dalam penelitian Dari hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dalam 2 siklus maka ditarik kesimpulan, bahwa kreatifitas merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menemukan dan menciptakan sesuatu hal baru, model baru yang berguna bagi dirinya dan bagi masyarakat selanjutnya keterampilan membuat kerajinan tangan dari kardus bekas dan botol minuman bekas dapat meningkatkan kreatifitas siswa pada mata pelajaran seni budaya siswa kelas IV SD Negeri 93 Kaur. Hal ini terlihat dari data tes belajar siswa pada Pra siklus nilai rata-rata yang telah dicapai oleh siswa yaitu 66,92 dengan presentase 28% kemudian pada siklus I meningkat mendapat nilai rata-rata 69,88 dan presentase 40% namun masih dibawah standar dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 75,6 dan presentase 76%, dengan demikian pembelajaran pada siklus II sudah mencapai ketuntasan belajar. Dengan demikian, keterampilan membuat kerajinan tangan dari kardus bekas dan botol minuman bekas telah dilakukan oleh guru dengan baik, yang dibuktikan dengan meningkatnya skor aktivitas guru dan siswa setiap siklusnya. Keterampilan membuat kerajinan tangan dari kardus bekas dan botol minuman bekas telah meningkatkan proses dan kreatifitas siswa pada mata pelajaran seni budaya kelas IV, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil aktivitas guru dan siswa serta hasil tes pada setiap siklus Kata Kunci : Kretivitas dan kerajinan tangan

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kretivitas dan kerajinan tangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 02 Apr 2019 08:37
Last Modified: 02 Apr 2019 08:37
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2591

Actions (login required)

View Item View Item