PENGARUH PROFESIONALISME GURU PAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 140 SELUMA

Megi, Rivo (2019) PENGARUH PROFESIONALISME GURU PAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 140 SELUMA. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIVO MEGI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rivo Megi, NIM 1316210698, Maret 2018. Pengaruh Profesionalisme Guru PAI Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SD Negeri 140 Seluma, skripsi : program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing I Dr. H. Zulkarnain Dali, M.Pd dan Pembimbing II Dayun Riadi, M.Ag. Kata Kunci : Profesionalisme Guru, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan profesionalisme guru PAI dalam proses pembelajaran yang kurang baik, dalam menyampaikan materi pembelajaran guru PAI masih melihat buku, Guru PAI hanya menggunakan metode ceramah, dan jarang sekali menggunakan alat dan media pembelajaran. Jika dilihat dari hasil belajar siswa ternyata masih banyak siswa yang mendapatkan nilai dibawah rata-rata KKM. Sehingga menyebabkan prestasi belajar siswa juga ikut menurun jika dilihat dari hasil ulangan akhir semester, nilai yang diperoleh siswa adalah 68 sedangkan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 75. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah pengaruh profesionalisme guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri 140 Seluma, dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh profesionalisme guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri 140 Seluma. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan metode product moment. Hasil penelitian dari pengaruh profesionalisme guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri 140 Seluma. Pada perhitungan statistik korelasi product moment di peroleh rhitung 0,306 sedangkan Harga rtabel pada taraf signifikan 5% 0,288. Setelah dikorelasikan rhitung dan rtabel maka rhitung lebih besar daripada rtabel (rxy>rtabel = 0,306<0,288). Demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif antara profesionalisme guru PAI terhadap prestasi belajar siswa. berdasarkan perhitungan thitung didapat tingkat kesalahan α = 0,05; db = n-2 = 47-2 = 45 sehingga didapat ttabel = 1,671 ternyata thitung > ttabel atau 2,277 > 1,671. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Profesinalisme Guru PAI terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 140 Seluma.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme Guru, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 02 Apr 2019 08:38
Last Modified: 02 Apr 2019 08:38
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2595

Actions (login required)

View Item View Item