Dewi, Lisma (2019) PENGARUH PENGUNAAN METODE PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMPN 41 MUKOMUKO SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
SKRIPSI LISMA DEWI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Lisma Dewi, Nim. 1416212451 Skripsi 2019 Yaitu Berjudul “Pengaruh Pengunaan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Kelas VIII Di SMPN 41 Mukomuko Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019” : Pembimbing I Dr. H. Ali Akbar Jono, M. Pd Dan Pembimbing II Heny Friantary, M. Pd. Kata Kunci : Metode Peta Pikira (Mind Mapping) Dan Hasil Belajar Siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pengunaan metode peta pikiran (Mind Mapping) terhadap hasil belajar PAI kelas VIII di SMPN 41 Mukomuko. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif eksperimen. Dalam penelitian ini populasi berjumlah 59 orang siswa. Teknik analisis data mengunakan uji kesamaan varian (homogenitas dan independen sampel t-test). Hasil uji statistik di ketahui nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 82,58 dengan standar deviasi 11,59. Sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 73.33 dengan standar deviasi 10,82. Berdasarkan nilai rata-rata tersebut terdapat selisih sebesar 9,25 antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil uji statistik pada taraf signifikan 5% yaitu 2.00 dengan demikian thitung> ttabel (3,11> 2,00) yang berarti hipotesias kerja (Ha) dalam penelitian ini di terima, yaitu terdapat pengaruh pengunaan metode peta pikiran (Mind Mapping) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMPN 41 Mukomuko.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Peta Pikira (Mind Mapping) Dan Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ms silih fitriasih |
Date Deposited: | 02 Apr 2019 08:39 |
Last Modified: | 02 Apr 2019 08:39 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2603 |
Actions (login required)
View Item |