Al Husnayaini, Ihda (2019) HAMBATAN PELAKSANAAN KURIKULUM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 2013 DI SDN 169 ARMA JAYA KAB. BENGKULU UTARA. Other thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
HUSNA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Ihda Al Husnayaini, NIM. 1416212497, Januari 2019 Hambatan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama islam Di SDN 169 Arma Jaya Kab. Bengkulu Utara Pembimbing II: Desy Eka Citra, M.Pd dan Pembimbing I: Drs.sukarno, M. Pd. Prodi pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. Kata kunci: kurikulum 2013, Masalah Kurikulum, Pendidikan Agama Islam Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana hambatan pelaksanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan di SDN 169 Arma Jaya Kab.Bengkulu utara . Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan desriptif responden dalam penelitian ini adalah 1 (satu) orang guru Pendidikan Agama Islam dan satu orang kepala sekolah di SDN 169 Arma Jaya Kab. Bengkulu Utara. penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data yang meliputi: wawancara, obeservasi, dan dokumentasi, dengan demikian dapat dipahami hambatan pelaksanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SDN 169 Arma Jaya Kab.Bengkulu Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu suatu proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif baik berupa tulisan atau ungkapan yang di peroleh langsung dari informan penelitian. Hasil penelitian ini adalah hambatan pelaksanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SDN 169 Arma Jaya Kab.Bengkulu Utara meliputi tiga bagian yang harus ditinjau : 1) pengembangan : Pengembangan kurikulum di sekolah ini sudah terlaksana di kelas 1,2,4,5 , Visi dan misi di sekolah ini terdapat perbedaan sehingga tidak saling berhubungan dengan kurikulum 2013. 2) pelaksanaan : Sudah terlaksana namun kurang kondusif, Belum efisien karena kondisi lingkungan di pedesaan, Belum tercukupi karena belum ada perpustakaan dan laboratorium Belum tercukupi, Kesulitan akses dan pemahaman peserta didik masih kurang tentang kurikulum 2013, Media dan kondisi lingkungan yang menjadi penghambatnya, dan 3) evaluasi : evaluasi ketika pelaksanaan kurikulum 2013 nya dengan hapalan dan ulangan agar mengetahui kemampuan siswa dalam hambatan pelaksanaan kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 169 Arma Jaya Kab. Bengkulu Utara.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kurikulum 2013, Masalah Kurikulum, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ms silih fitriasih |
Date Deposited: | 28 Mar 2019 01:15 |
Last Modified: | 28 Mar 2019 01:15 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2617 |
Actions (login required)
View Item |