PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 75 KOTA BENGKULU

Kartika, Ayu (2018) PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 75 KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AYU KARTIKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi atas nama: Ayu Kartika, NIM1416513068. dengan judul Skripsi: ”Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 75 Kota Bengkulu” Pembimbing I: Dr. Al Fauzan Amin, M.Ag, Pembimbing II: Nurhidayat, M.Ag Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab siswa melalui pendidikan agama Islam di SDN 75 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif denagn pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. 1) Karakter disiplin dan tanggung jawab siswa selalu diberikan dan ditanamkan oleh para guru di SDN 75 Kota Bengkulu baik itu pada jam belajar ataupun pada jam di luar belajar, dikarenakan karakter disiplin dan tanggung jawab sangat penting sekali di berikan kepada siswa di masa perkembanganya beranjak dewasa. Selanjutnya sebelum memberikan disiplin dan tanggung jawab siswa, guru terlebih dahulu yang harus mencontohkannya kepada siswa. Misalnya: a) datang tepat waktu, b) memberikan perhatian kepada siswa, c) mengajak siswa untuk membersihkan lingkungan sekolah Selanjutnya Jika terdapat siswa yang melanggar disiplin sekolah maka biasanya sekolah akan memberikan sanksi yang bertujuan untuk memberikan efek jera kepada siswa tersebut namun tidak melanggar norma pendidikan agama, tetap memberikan contoh didikan yang baik. Faktor pendukung dan penghambat guru dalam membentuk karakter melalui karakter kedisiplinan dan tanggung jawab pada siswa Factor pendukung seperti : a) adanya kontrol dari Kepala Sekolah secara langsung dan aktif; b) adanya peran aktif dari para guru, c) adanya peran aktif dari orang tua siswa, d) kesadaran para siswa, Faktor penghambat seperti: factor keluarga, factor lingkungan. Kata Kunci: karakter disiplin, tanggung jawab, pendidikan agama islam

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: karakter disiplin, tanggung jawab, pendidikan agama islam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 28 Mar 2019 01:13
Last Modified: 28 Mar 2019 01:13
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2626

Actions (login required)

View Item View Item