Rohalifah, Rinai (2018) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN TOLERANSI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
SKRIPSI RINAI ROHALIFAH pdf.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Rinai Rohalifah NIM. 1416513073 judul skripsi “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalamMenumbuhkanToleransiSiswa di SMP Negeri 3 Kota Bengkulu”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakuultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu. Kata Kunci: Strategi, Guru pendidikan agama islam dalam Menumbuhkan, Toleransi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh suatu realitas tentang pentingnya menumbuhkan toleransi dikalangan siswa yang berbeda-beda agama.Timbulnya toleransi di sekolah memerlukan upaya konkrit dari semua yang ada di sekolah salah satunya adalah guru agama dalam pembelajaran di kelas. Atas dasar ini maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan toleransi siswa di SMP Negeri 3 Kota dan faktor apa saja yang mempengaruhi strategi guru dalam menumbuhkan toleransi siswa di SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini yaitu pertama, mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan toleransi siswa di SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Kedua, mengetahui factor yang mempengaruhi strategi guru dalam menumbuhkan toleransi siswa di SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) sedangkan metode yang digunakan adalah deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penyajian dan pembahasan data penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pertama, strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan toleransi siswa di SMP Negeri 3 Kota Bengkulu yaitu dengan menanamkan nilai nilai kerja sama, solidaritas, tenggang rasa, tanggung jawab dan kasih sayang pada siswa. Dengan tertanamnya nilai-nilai ini telah meneguhkan rasa toleranasi siswa kepada sesama manusia. Dalam menumbuhkan toleransi siswa di dalam kelas maupun di luar kelas dengan telah dilakukan dengan metode keteladanan, nasehat, pendekatan dan pembiasaan. Kedua, faktor pendukung guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan toleransi siswa tercermin melalui kekompakan dari pihak sekolah,kerja sama yang kuat antara sekolah dengan orang tua siswa. Sedangkan faktor penghambat yaitu lingkungan baik itu lingkungan keluarga yang kurang kondusi dan tontonan di media massa yang tidak mendidik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Guru pendidikan agama islam dalam Menumbuhkan, Toleransi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ms silih fitriasih |
Date Deposited: | 28 Mar 2019 01:11 |
Last Modified: | 28 Mar 2019 01:11 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2638 |
Actions (login required)
View Item |