STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DAN KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 06 KOTA BENGKULU

BUDIMAN JAYA, AGUS (2019) STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DAN KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 06 KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AGUS pdf.pdf

Download (855kB) | Preview

Abstract

AGUS BUDIMAN JAYA, NIM : 1416212584, Agustus 2018, Studi Komparasi Penggunaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dan Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 06 Kota Bengkulu Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu : Pembimbing : (1) Edi Ansyah, M.Pd, (II) Fatrima Syantri Syafri, M.Pd. Mat Kata kunci : Pelaksanaan Kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013 Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan studi komparasi penggunaan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan kurikulum 2013 dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 06 Kota Bengkulu. Dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan KTSP dan K-13 di SMP Negeri 06 Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu suatu proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif baik berupa tulisan atau ungkapan yang di peroleh langsung dari lapangan atau wilayah penelitian. Penelitian ini menghasilkan dua temuan : (1) Penggunaan kurikulum tingkat satuan pendidikan dalam pembelajaran pendidikan agama islam bahwa sudah berjalan dengan baik mulai tahap persiapan sampai tahap evaluasi. Pembuatan RPP sesuai dengan panduan KTSP dengan memperhatikan beberapa komponen dan menggunakan pendekatan langsung yang bertujuan mengembangkan penguasaan, pengetahuan, keterampilan. (2) Penggunaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran PAI bahwa secara umum sudah berjalan dengan baik mulai tahap persiapan sampai tahap evaluasi. Adapun Faktor Pendukung dalam Penggunaan KTSP dan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran PAI (a) Dukungan pihak pemerintah, dinas pendidikan, dan sekolah dalam memfasilitasi sosialisasi, workshop, dan seminar. (b) keikutsertaan para guru terutama guru agama islam kelas IX dalam mengikuti, loka karya, workshop yang diselenggarakan oleh Diknas. (c) sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran seperti buku-buku pelajaran dan media pembelajaran. Tetapi ada perbedaan antara faktor Penghambat Penggunaan KTSP dan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran PAI yakni, pada penggunaan KTSP tidak ada penghambat karena semua yang berhubungan KTSP sudah dikatakan lengkap. Sedangkan pada penggunaan Kurikulum 2013 (a) perlunya adaptasi antara guru agama islam dan siswa dalam penerapan pola dengan metode diskusi, kelompok dan pendekatan scientific dalam setiap pembelajaran, (b) proses penilaian yang terlalu rinci sehingga memerlukan waktu yang lebih lama dalam memberi nilai kepada siswa, (c) sarana dan prasarana yang kurang memadai seperti tidak adanya proyektor dan listrik dikelas sedangkan pelajaran pada kurikulum 2013 banyak menggunakan media-media.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 28 Mar 2019 01:09
Last Modified: 28 Mar 2019 01:09
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2644

Actions (login required)

View Item View Item