MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI FUNGSI ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWANPADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN

JUSEPTIANA, JUSEPTIANA (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI FUNGSI ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWANPADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI JUSEPTIANA PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Juseptiana. 2019. NIM. 1416242705, “Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Mengidentifikasi Fungsi Organ Tubuh Manusia dan Hewan pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Time Token(Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN 52 Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma Tahun Ajaran 2018/2019)”. Jurusan Tarbiyah Program Studi S1-PGMI Fakultas Tarbiyah dan Tadris Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. Model pembelajaran Time Tokenmelibatkan siswa sejak perencanaan baik dalam menentukan topik maupun cara mempelajarinya melalui kupon berbicara. Pembelajaran ini dilakukan untuk meningkat kemampuan belajar siswa, menjadikan siswa lebih aktif dalam berkomunikasi dan Time Token merupakan variasi dalam pembelajaran agar pembelajaran tidak monoton dengan hanya menggunakan model ceramah sehingga siswa tidak merasa bosan. Tujuan penelitian ini adalah: untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas V di SDN 52 Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma dalam mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Time Tokentahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua sisklus. Setiap siklusterdiri dari tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelas V SDN 52 Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, panduan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Time Token meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan pada pembelajaran IPA. Proses belajar mengajar dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Time Token, pada pembelajaran IPA siswa kelas V SDN 52 Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma sudah meningkat hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa tersebut dapat dilihat dari peningkatan pada tiap-tiap siklus. Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada pra-siklus sebesar 57,2. Pada siklus I mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 70. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 80. Ketuntasan pra-siklus, siklus I, siklus II mengalami peningkatan secara berturut-turutyaitu mulai dari 50% meningkat menjadi 70% dan terus meningkat menjadi 88,8%. Serta pada hasil observasi guru maupunsiswa telah terlaksana dengan baik. Kata kunci: Model Pembelajaran Time Token, Kemampuan Siswa, IPA SD

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Time Token, Kemampuan Siswa, IPA SD
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 28 Mar 2019 01:08
Last Modified: 28 Mar 2019 01:08
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2647

Actions (login required)

View Item View Item