PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORI KINESTETIK DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 107 SELUMA

Kurniati, Mei (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORI KINESTETIK DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 107 SELUMA. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
skripsi mei kurniati.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mei Kurniati, September, 2018, Penerapan Model Pembelajaran Visual Auditori, Kinestetik dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negerei 107 Seluma Kabupaten Seluma, Skripsi : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing : 1. Drs. H. Hifzan Bustami M.Pd, 2. Detti Lismayanti, M.Hum Kata Kunci : Model Pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (VAK), Hasil Belajar Permasalahan yang ada di kelas V SD Negeri 107 Seluma adalah pada saat pembelajaran siswa cenderung pasif, hanya beberapa siswa yang memiliki rasa percaya diri, keberanian untuk menjawab pertanyaan karena takut jawabannya salah, pembelajaran yang dilakukan kurang bervariatif, guru lebih banyak menggunakan metode ceramah atau mencatat, dan media pembelajaran juga belum dimanfaatkan secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran visual auditori kinesteti (VAK) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Negeri 107 Seluma. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan menerapkan model pembelajaran visual, auditori kinestetik. Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus dengan 3 kali pertemuan setiap siklus. Penelitian membuktikan bahwa model pembelajaran VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) pada pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 107 Seluma, dengan nilai KKM IPA yaitu 65. Pada pre test diperoleh ketuntasan klaksikal 22,58% dengan nilai rata-rata 53,22. Selanjutnya peneliti melaksanakan siklus I, presentase diperoleh ketuntasan belajar klaksikal siswa naik menjadi 61, 29% dengan nilai rata-rata 62,90. Kemudian pada siklus ke II mencapai ketuntasan belajar klaksikal 67,74% dengan nilai rata-rata 66,77. Terakhir mengalami peningkatan pada siklus ke III sebesar 87.09% dengan nilai rata-rata 76,61. Sedangkan untuk aktivitas siswa pada siklus I dengan presentase skor siswa adalah 2.0%, pada siklus ke II dengan presentase skor siswa adalah 2,4%, dan aktivitas siswa pada siklus ke III mencapai skor 2,9%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (VAK), Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 02 Apr 2019 08:41
Last Modified: 02 Apr 2019 08:41
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2650

Actions (login required)

View Item View Item