PENGARUH METODE BUZZ GROUP DENGAN MEDIA KARTU SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS V DI SD NEGERI 13 BABATAN SELUMA

JELITA, NUR (2019) PENGARUH METODE BUZZ GROUP DENGAN MEDIA KARTU SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS V DI SD NEGERI 13 BABATAN SELUMA. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
BAB I edit Baru.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nur Jelita, NIM. 1416242646, Judul Skripsi: PENGARUH METODE BUZZ GROUP DENGAN MEDIA KARTU SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V DI SD NEGERI 13 BABATAN SELUMA, Pembimbing I: Dr. H. Hery Noer Aly, M.A, Pembimbing II: Wiwinda, M.Ag Kata kunci : metode buzz group, media kartu soal, hasil belajar Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : Pengaruh Metode Buzz Group Dengan Media Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V Di SD Negeri13 Babatan Seluma. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen design. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa, yakni terdiri dari kelas V A 20 siswa kelas eksperimen dan kelas V B 20 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes dan skala penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dari hasil tes oleh peneliti dengan pengisian lembar tes maka berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode buzz group dengan media kartu soal berpengauh terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa. Setelah kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, yang mana kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan metode buzz group dengan media kartu soal dan kelas kontrol tidak diberikan perlakuan. Adapun hasil penelitian ini terdapat perbedaan hasil belajar dimana dari hasil uji “t” post test kedua kelompok,di peroleh thitung = 3,82 sedangkan ttabe. Dengan df 40 pada taraf singnifikan 5% yaitu 2,02. Dengan demikian, thitung > t tabel (3,82 > 2,02 ) yang berarti hipotesis (Ha) diterima, Terdapat pengaruh metode buzz group dengan media kartu soal terhadapp hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas V SD Negeri 13 Babatan Seluma.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: metode buzz group, media kartu soal, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 02 Apr 2019 08:41
Last Modified: 02 Apr 2019 08:41
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2652

Actions (login required)

View Item View Item