PENGARUH METODE READING ALOUD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI MIN 1 MUKOMUKO

SANTIKA, PINA (2019) PENGARUH METODE READING ALOUD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI MIN 1 MUKOMUKO. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
MASTER PINA SANTIKA ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pina Santika, NIM. 1416242826, Judul Skripsi: Pengaruh Metode Reading Aloud dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III di MIN 1 Mukomuko. Program Studi Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Tadris, IAIN Bengkulu, Pembimbing 1 : Dr. Zubaedi, M.Ag., M.Pd Pembimbing 2 : Fatrica Syafri, M.Pd.I Kata Kunci : Penerapan Metode Reading Aloud, Hasil Belajar Bahasa Indonesia Penelitian di latar belakangi masih rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia Kelas III di MIN 1 Mukomuko. Rumusan masalah dalam penelitian adalah seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran reading aloud dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III MIN 1 Mukomuko. Hal ini diduga dikarenakan guru belum banyak menggunakan metode dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran reading aloud dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III MIN 1 Mukomuko. Hasil belajar adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif dan psikomotorik sebagai hasil dari kegiatan belajar, reading aloud adalah membaca suatu teks dengan keras ternyata dapat membantu siswa memfokuskan perhatian secara mental, menimbulkan pertanyaan-pertanyaan, dan merangsang diskusi. Metode tersebut mempunyai efek pada memusatkan perhatian dan membuat suatu kelompok yang kohesif Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen design dengan pendekatan nonequivalent group posttes only design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas IIIA yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional dan kelas III B berjumlah 28 siswa untuk kelas eksperimen menggunakan metode reading aloud. Berdasarkan hasil uji one sampel T Test didapatkan nilai Sig. (2-tailed) = 0,00 < 0,05. Ini berarti nilai Sig. (2-tailed lebih besar dari 0,05 berarti hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian thitung > ttabel (8,141 > 2,005) yang berarti (Ho) dalam penelitian ini ditolak dan hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima. Hal ini berarti terdapat peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III di MIN 1 Mukomuko. Dengan demikian penerapan metode reading aloud tersebut telah peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III di MIN 1 Mukomuko

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Reading Aloud, Hasil Belajar Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 02 Apr 2019 08:41
Last Modified: 02 Apr 2019 08:41
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2655

Actions (login required)

View Item View Item