PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARIKATUR DUA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA MATAPELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SDN 59 SELUMA

Jessi Wulandari, Jessi (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARIKATUR DUA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA MATAPELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SDN 59 SELUMA. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Skripsi benar.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jessi Wulandari (NIM: 1416242731) “Pengaruh penggunaan media karikatur dua dimensi dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD Negeri 59 Seluma”. Kata Kunci: Media Karikatur Dua Dimensi, Kemampuan Berbicara Siswa, Bahasa Indonesia. Media pembelajaran sangat mempengaruhi proses belajar siswa dengan media sistem belajar dapat berjalan dengan lancar dan materi mudah dipahami. Dalam penelitian ini yang menjadi pokok permasalahan (1) bagaimana pengaruh penggunaan media karikatur dua dimensi pada SD Negeri 59 Seluma. (2) bagaimana pengaruh kemampuan berbicara siswa SD Negeri 59 Seluma. (3) Apakah media karikatur dua dimensi berpengaruh pada kemampuan berbicara siswa SD Negeri 59 Seluma tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode sesuai dengan teknik quasi eksperimen sebanyak 26 responden dalam mengambil sampel peneliti terlibat langsung kelapangan untuk mendapatkan informasi data dari sumber data. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan test untuk memperoleh data mengenai jumlah siswa, metode quasi eksperimen untuk memperoleh data tentang pengaruh penggunaan media karikatur dua dimensi dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantittif menggunakan metode quasi eksperimental, subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 59 Seluma. Dimana kelas II A sebagai kelas kontrol dan kelas II B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Media atau gambar karikatur ada pengaruh penggunaan media karikatur dua dimensi dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa yang signfikansi dengan nilai t hitung sebesar 3,644 ≥ t tabel sebesar pada taraf 0,05 sedangkan pada taraf 0,01 t tabel sebesar . Jadi nilai signifikansi lebih tinggi dari pada t tabel, maka Ha diterima sehingga terdapat pengaruh yang positif pada media karikatur dua dimensi terhadap kemampuan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Karikatur Dua Dimensi, Kemampuan Berbicara Siswa, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 02 Apr 2019 08:45
Last Modified: 02 Apr 2019 08:45
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2664

Actions (login required)

View Item View Item