THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ PERSONALITY AND LEARNING ACHIEVEMENT IN READING COMPREHENSION AT SMPN 20 KOTA BENGKULU

NUR AIDAH, SITI (2019) THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ PERSONALITY AND LEARNING ACHIEVEMENT IN READING COMPREHENSION AT SMPN 20 KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR PDF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

SITI NUR AIDAH 2018. The Correlation between Students’ Personality and Learning Achievement in Reading Comprehension at SMPN 20 Kota Bengkulu. Thesis, Study Program of English Department, Faculty of Tarbiyah and Tadris, State Institute for Islam Studies Bengkulu. Advisors : 1. Riswanto, Ph.D. 2. Dr. Ali Akbarjono, M.Pd. Keywords: Students’ Personality, Learning Achievement. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara kepribadian siswa dan prestasi belajar dalam pemahaman membaca. Pendekatan penelitian ini yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas delapan di SMPN 20 Kota Bengkulu pada tahun akademik 2018/2019. Simple random sampling digunakan di mana 25% dari setiap kelas diambil sebagai sampel. Data adalah teknik yang dikumpulkan oleh dokumentasi dan data adalah instrumen yang dikumpulkan oleh kuesioner IPIP Lima Besar yang sudah jadi dan tes membaca pemahaman yang telah diuji menggunakan validitas dan reliabilitas. Hasil kuesioner menunjukkan conscientiousness 62% (30), yang lain dikategorikan dalam openness of experience 19% (9), extraversion 0% (0), agreeablesness 17% (8), emotional stability (neuroticism) 2% (1). Hasil tes pemahaman membaca menunjukkan 14 siswa memiliki skor pemahaman membaca "tinggi", 8 siswa memiliki skor pemahaman membaca "sedang", dan 18 siswa memiliki skor KKM "di bawah". Analisis ini menemukan bahwa tidak ada korelasi yang signifikan antara kepribadian siswa dan prestasi belajar. Koefisien korelasi adalah nilai 0,267 yang lebih rendah dari rtabel 0,312 (0,267 <0,312). Kemudian tingkat kemungkinan (p) signifikansi sig 2-tailed adalah 0,095 yang lebih tinggi dari 0,05 (0,095> 0,05).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Students’ Personality, Learning Achievement
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 02 Apr 2019 08:49
Last Modified: 02 Apr 2019 08:49
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2678

Actions (login required)

View Item View Item