PELAYANAN TERHADAP PASIEN DI RUMAH SAKIT KHUSUS DAN KETERGANTUNGAN OBAT (RSJKO) BENGKULU

Rinaldi, Rinaldi (2019) PELAYANAN TERHADAP PASIEN DI RUMAH SAKIT KHUSUS DAN KETERGANTUNGAN OBAT (RSJKO) BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RINALDI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rinaldi, NIM : 1416323227, 2018. Pelayanan Terhadap Pasien Di Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat Bengkulu. Persoalan yang dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana pelayanan yang diberikan pihak Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat Bengkulu terhadap pasien? dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan perawat dalam menangani pasien di Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat Bengkulu. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh. Peneliti menggunakan metode kualitatif untuk mendapatkan informasi, fakta, dan data mengenai . Pelayanan Terhadap Pasien Di Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat Bengkulu”. Data tersebut kemudian diuraikan, dianalisis, dan dipaparkan secara deskriptif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 12 orang yang ditetapkan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan pihak Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat Bengkulu terhadap pasien bahwa Perawat masih kurang perhatian kepada pasien dan keluarga pasien tetapi masih tetap memperhatikan kewajiban sebagai perawat. Perawat yang memang kurang kepada pasien dan keluarga pasien misalnya kurang memperhatikan ketika keluarga pasien mengunjungi pasien. Perawat yang selalu tersenyum melayani pasien dan keluarga pasien tetapi terdapat juga perawat yang kurang senyum menghadapi pasien dan keluarganya. Selama peneliti melakukan penelitian, peneliti tidak pernah melihat senyum perawat kepada pasien dan keluarganya. Perawat sudah bisa memberikan motivasi kepada pasien dan keluarganya dan kurang memotivasi pasien dan keluarganya agar mereka sabar dan terus melakukan perawatan. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan perawat dalam menangani pasien di Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat Bengkulu bahwa perawat mengatakan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pelayanan perawat yaitu dalam melakukan pelayanan kepada pasien tidak terdapat masalah dan kendala profesi mereka sebagai perawat di RSJKO. Perawat berminat dengan pekerjaan sebagai perawat rumah sakit jiwa. Mereka memang memilih profesi sebagai perawat di RSJKO karena memang ingin mengabdi di RSJKO. Perawat tidak terlalu membutuhkan tambahan tenaga perawat karena dengan jumlah perawat yang sekarang sudah cukup dan tidak ada kendala. Sebelum menjadi peratwat di RSJKO, perawat diberikan pembekalan yang didapatkan sebelum bekerja mulai dari pertama menjadi perawat. Perawat bekerja shif-shifan dimana mereka dibagi waktu dalam menjalankan tugas sebagai perawat. Kata Kunci : Pelayanan, Pasien

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Pasien
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: ms silih fitriasih
Date Deposited: 02 Apr 2019 08:57
Last Modified: 02 Apr 2019 08:57
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2736

Actions (login required)

View Item View Item