Zaina, Wanna (2019) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PENANAMAN RASA PERCAYA DIRI ANAK KELAS B DI PAUD AL KARIM DESA TEMUAN JAYA KECAMATAN MUARA KELINGI KABUPATEN MUSI RAWAS PROVINSI SUMATERA SELATAN. Other thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
bab 1-5 WANNA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Wanna Zaina, NIM. 1416253036, 2018 Judul Skripsi : “Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Penanaman Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini Di PAUD Al- Karim Desa Temuan Jaya Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan”. : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing : 1 Dr. Zubaedi, M.Ag, M.Pd Dan Pembimbing II. Fatrica Syafri M.Pd.I Kata Kunci : Metode Bermain Peran, Rasa Percaya Diri Anak Penanaman rasa percaya diri bagi anak usia dini memang sangat penting, karena hal ini dapat berpengaruh dikehidupan anak kedepannya. Dengan menggunakan metode pembelajaran yang efektif diyakini dapat membantu dalam menanamkan rasa percaya diri pada anak usia dini selain itu, anak juga dapat mengembangkan kemampuan mereka baik dari segi kognitif, bahasa, sosial emosional, agama dan seni. Untuk menanamkan rasa percaya diri pada anak, Diasumsikan dapat menggunakan metode pembelajaran bermain peran. Atas dasar ini, penelitian ini difokuskan tentang bagaimana pengaruh metode bermain peran dalam menanamkan rasa percaya diri pada anak usia dini. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan observasi. Adapun teknik analisis data penelitian ini adalah melalui Run tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan selama 1 bulan lebih 2 minggu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode bermain peran terhadap penanaman rasa percaya diri pada anak usia dini. Setelah dilakukannya perlakuan terhadap kelompok eksperimen yang menggunakan metode bermain peran dan kelompok kontrol yang menggunakan metode mendongeng dapat diketahui bahwa perubahan hasil belajar anak usia 4-5 tahun antara pretest dan posttes baik kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dapat dibuktikan bahwa hasil dapat dilihat dari hasil pretest dan postest kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen mengalami kenaikan. Pengaruh penggunaan metode bermain peran pada penanaman rasa percaya diri anak pada kelompok eksperimen mengalami kenaikan 88% dari hasil sebelumnya hanya 45% meningkat menjadi 88%. Hal ini berarti metode bermain peran memiliki pengaruh yang sangat besar dalam penanaman rasa percaya diri anak usia dini di PAUD Al Karim desa temuan jaya kecamatan muara kelingi kabupaten musi rawas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Bermain Peran, Rasa Percaya Diri Anak |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Syahril Syahril M.Ag |
Date Deposited: | 05 Apr 2019 07:40 |
Last Modified: | 05 Apr 2019 07:40 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2765 |
Actions (login required)
View Item |