PENGARUH PERMAINAN TEBAK BUNYI-BUNYIAN TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK. AL-QUR’ANIAH DESA PASAR LAMA KECAMATAN KAUR SELATAN KABUPATEN KAUR

Nera Sari, Pevta (2019) PENGARUH PERMAINAN TEBAK BUNYI-BUNYIAN TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK. AL-QUR’ANIAH DESA PASAR LAMA KECAMATAN KAUR SELATAN KABUPATEN KAUR. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
PEVTA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pevta Nera Sari, Nim. 1416252986, Pengaruh Permainan Tebak Bunyi-bunyian terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di TK. Al-Qur’aniah Desa Pasar Lama Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Kata Kunci : Permainan tebak bunyi, perkembangan kognitif Permasalahan yang timbul dalam penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran, guru jarang menggunakan permainan tebak bunyian-bunyian, sebagian besar anak kurang memperhatikan penjelasan guru, anak bingung apabila diberikan tugas, serta anak kesulitan dalam menirukan apa yang dilakukan oleh guru, kemudian sebagian besar anak belum dapat menyebutkan huruf awal pada huruf vokal dan huruf konsonan, menyebutkan benda yang bunyi suara huruf awalnya sama, serta memasangkan gambar dengan kata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan tebak bunyi-bunyian terhadap perkembangan kognitif anak di TK. Al-Qur’aniah Desa Pasar Lama Kec. Kaur Selatan Kab. Kaur. Dari hasil penelitian diketahui bahwa permainan tebak bunyi-bunyian berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak di TK. Al-Qur’aniah Desa Pasar Lama Kec. Kaur Selatan Kab. Kaur. Di mana pada kelas eksperimen nilai rata-rata pretes = 60,94, setelah diberikan tindakan meningkat menjadi = 73,44. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata pretes = 58,44, dan setelah proses pembelajaran meningkat meejadi 63,13. Hasil perhitungan menunjukkan nilai Fhiutng = 0,036, sedangkan Ftabel dengan dk pembilang dan dk penyebut masingmasing 16 – 1 = 15 di peroleh Ftabel = 1,753. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data pada kelas pretes baik itu kelas ekpserimen maupun kelas kontrol memiliki varian yang sama atau homogen. Hasil perhitungan menunjukkan nilai Fhitung = 1,466, sedangkan Ftabel dengan dk pembilang dan dk penyebut masingmasing 16 – 1 = 15 diperoleh Ftabel = 1,753. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data pada kelas postes baik itu kelas eksperimen maupun kelas kontorl memiliki varian yang sama atau homogen. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh permainan tebak bunyi-bunyian terhadap perkembangan kognitif anak di TK. Al-Qur’aniah Desa Pasar Lama Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Permainan tebak bunyi, perkembangan kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 05 Apr 2019 07:42
Last Modified: 05 Apr 2019 07:42
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2774

Actions (login required)

View Item View Item